Home Berita DWP IAIN PALANGKA RAYA LAKSANAKAN TES IVA DAN SADANIS SECARA GRATIS

DWP IAIN PALANGKA RAYA LAKSANAKAN TES IVA DAN SADANIS SECARA GRATIS

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 354 views

Palangkaraya – Kanker merupakan masalah Kesehatan di dunia dan di Indonesia. Di dunia kanker merupakan penyebab kematian tertinggi  kedua. Hamper 70 % kematian diakibatkan kanker terjadi di negara berkembang termasuk di Indonesia. Sangat disayangkan karena sebenarnya 30-50% kanker dapat dicegah dengan cara menghindari faktor resiko kanker dan melakukan deteksi dini secara berkala.

Kanker payudara dan kanker mulut rahim merupakan dua kanker yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Jika kedua kanker ini ditemukan secara dini maka dapat dilakukan penangangan secara professional sehingga dapat memutus rantai keterlambatan dan mencegah kematian.

Sebagai wujud kepedulian dan dukungan  terhadap kesehatan perempuan Indonesia, khususnya perempuan dibawah naungan Kementerian Agama, maka DWP Kemenag RI menginisiasi kegiatan Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) secara GRATIS, bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI. DWP Kemenag RI Pusat dengan jajarannya yaitu PTKN dan Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia, secara bersamaan melaksanakan kegiatan TES IVA dan SADANIS secara serentak di wilayah masing-masing. Tes IVA dan SADANIS ini juga merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke 77 tahun 2022 oleh DWP Kemenag RI. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Penasehat DWP Kemenag RI, Ibu Eny Yaqut Cholil Qumas melalui Zoom Meeting pada tanggal 10 Agustus 2022.

DWP IAIN Palangka Raya bekerjasama dengan DWP Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah dalam melaksanakan kegiatan Tes IVA dan SADANIS GRATIS ini. Tentunya kegiatan ini harus melibatkan Dinas Kesehatan Provinsi KalTeng dan Kota Palangka Raya. Diawali dengan membentuk kepanitiaan bersama dan dilanjutkan dengan rapat untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan tersebut. Panitia dengan semangat ikut urun rembuk dan berbagi tugas demi suksesnya acara.

Kegiatan Tes IVA dan SADANIS GRATIS dilaksanakan selama dua hari dengan tempat di Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya. Jumlah peserta yang mendaftar adalah 187 orang, terdiri dari DWP Kemenag 14 kabupaten/kota, DWP Kanwil Provinsi, DWP IAIN, dan DWP IAKN Palangka Raya. Pada tanggal 10 Agustus 2022, seluruh panitia mengikuti acara Pembukaan melalui Zoom Meeting. Sementara petugas Kesehatan yang sudah ditunjuk juga melakukan Tes IVA dan SADANIS di tempat yang sudah disiapkan. Hari pertama dilakukan skrining kepada peserta yang berasal dari daerah kabupaten. Keesokan harinya dilanjutkan dengan peserta yang berada di kota Palangka Raya.  Selama pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Selanjutnya laporan hasil Tes IVA dan SADANIS disampaikan ke  DWP Kemenag Pusat. (Ibu Kurniasih/editor MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK