Home Berita DWP IAIN MENGIKUTI PEMBUKAAN SECARA RESMI KEGIATAN TES IVA DAN SADANIS GRATIS TAHUN 2022

DWP IAIN MENGIKUTI PEMBUKAAN SECARA RESMI KEGIATAN TES IVA DAN SADANIS GRATIS TAHUN 2022

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 614 views

Palangkaraya – Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) merupakah salah satu upaya deteksi dini terhadap penyakit kanker. Kanker payudara dan kanker mulut rahim merupakan dua kanker  terbanyak ditemukan di Indonesia. Jika kedua kanker ini ditemukan secara dini maka dapat dilakukan penanganan secara professional sehingga dapat memutus rantai keterlambatan dan mencegah kematian akibat kanker. Sebagai wujud kepedulian dan dukungan terhadap program pemerintah tentang Kesehatan perempuan di Indonesia, DWP Kementerian Agama RI mengadakan kegiatan Tes IVA dan SADANIS GRATIS, bekerja sama denga Kementerian Kesehatan RI. Kegiatan ini sekaligus  merupakan rangkaian acara peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-77.

Ketua DWP PTKN seluruh Indonesia hadir pada acara pembukaan secara resmi kegiatan Tes IVA dan SADANIS GRATIS oleh Penasehat DWP Kementerian Agama RI, pada tanggal 10 Agustus  2022, di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Acara diawali dengan sambutan Ketua DWP Kemenag RI, Ibu Farikhah Nizar Ali. Selanjutnya sambutan dari Wakil Penasehat DWP Kementerian Kesehatan RI, ibu Mutiara Dante. Dalam sambutannya ibu Mutiara Dante mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Tes IVA dan SADANIS GRATIS yang digagas oleh DWP Kemenag RI. Beliau juga berpesan agar para perempuan berperilaku CERDIK, yang merupakan singkatan dari; Cek Kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktifitas fisik, Diet sehat dan seimbang, Istirahat Cukup, dan Kelola stress dengan baik. Sambutan berikutnya oleh Menteri Agama RI, Bapak Yaqut Cholil Qumas, menyatakan pentingnya menjaga Kesehatan fisik dan mental sebagaimana diajarakan dalam Islam. Kegiatan ini merupakan upaya menjaga Kesehatan fisik yang patut didukung oleh semua pihak.

Sambutan terakhir sekaligus membuka secara resmi kegiatan Tes IVA dan SADANIS GRATIS disampaikan oleh Penasehat DWP Kemenag RI, Ibu Eny Yaqut Cholil Qumas. Dalam sambutannya bu Eni mengatakan, kegiatan ini merupakan ikhtiar agar perempuan terhindar dari kanker.  Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dan dukungan  terhadap Kesehatan perempuan Indonesia, khususnya perempuan dibawah naungan Kementerian Agama. Pada akhirnya kita berharap tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan kesadaran dan kepedulian perempuan Indonesia akan bahaya kanker dapat tercapai.

Setelah membuka dengan resmi kegiatan, ibu Eny menyapa lima DWP PTKN dan Kanwil Kemenag Provinsi yang sedang melaksanakan kegiatan di daerahnya. Sesi akhir ditutup dengan foto bersama dengan ibu-ibu ketua DWP PTKN yang berada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Ibu Kurniasih/editor MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK