Home Berita IKA PASCASARJANA TERUS BERGERAK AKTIF, BERIKAN PENYULUHAN HUKUM ISLAM DI POLTEKKES PALANGKA RAYA

IKA PASCASARJANA TERUS BERGERAK AKTIF, BERIKAN PENYULUHAN HUKUM ISLAM DI POLTEKKES PALANGKA RAYA

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 505 views

IAIN Palangka Raya – Ikatan Alumni (IKA) Pascasarjana IAIN Palangka Raya kembali menghadirkan kegiatan-kegiatan bermanfaat. Kali ini, IKA memberikan Penyuluhan Hukum Islam di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Palangka Raya yang dimulai pukul 09.00 WIB tanggal 19 Agustus 2022.

“Pada pokoknya, tujuan hukum dalam Islam adalah maslahah yang secara bahasa sama, artinya dengan manfaat dan sering diberi pengertian sebagai kepentingan manusia. Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa magasid al-syariah dibagi menjadi
dua wilayah, yaitu maslahah dunia dan akhirat. Selain itu, hukum Islam juga bertujuan menegakkan keadilan di kalangan masyarakat. Keadilan harus tegak mulai dari peradilan sampai pada muamalah (hubungan antarmanusia). Prinsip-prinsip hukum Islam antara lain prinsip Ilahiyah, menghapuskan kesulitan,keadilan(justice), memperhatikan kemaslahatan, gradualisme (bertahap), dan meminimalisasi beban,” ucap Nur Wakhidah, S.HI.,M.H selaku narasumber dari IKA Pascasarjana.

Kemudian sebelum kegiatan penyuluhan hukum diakhiri terdapat sesi pertanyaan dan diskusi di mana terdapat beberapa peserta menyampaikan pertanyan dan berkesempatan berdiskusi bersama narasumber penyuluhan hukum. (MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK