Home Berita KLINIK PRATAMA IAIN PALANGKA RAYA RESMI DIBUKA

KLINIK PRATAMA IAIN PALANGKA RAYA RESMI DIBUKA

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.4K views

IAIN Palangka Raya – Baru beroperasi kurang lebih 1 bulan, Klinik Pratama IAIN Palangka Raya resmi dibuka. Diresmikannya klinik ini tidak terlepas dari peran dan dukungan beberapa pihak baik dari unsur pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Kota, institusi, pengelola, tim dokter dan perawat yang saling bersinergi untuk mewujudkan palayanan kesehatan bagi warga kampus dan warga sekitar kampus nantinya. Peresmian ini dilaksanakan di Klinik Pratama IAIN Palangka Raya pada Senin (22/08/2022).

Hartani M.Si (Kepala Bagian Umum IAIN Palangka Raya) yang dalam hal ini bertindak sebagai Pimpinan Klinik Pratama IAIN Palangka Raya melaporkan, “Klinik Pratama ini beroperasi tidak terlepas dari sejarah awal dimulai sejak tahun 2018, yang awalnya hanya diperuntukkan untuk praktik pelayanan gizi bagi anak usia dini. Namun keinginan tersebut disambut baik oleh pimpinan institusi, sehingga direkomendasikan untuk membuat proposal bantuan alat kesehatan kepada pemerintah provinsi kalimantan tengah. Alhamdulillah pada tahun 2018, Gurbernur Kalimantan Tengah menyetujui permohonan bantuan alat dan bahan kesehatan sekaligus radio kampus yang diserahkan secara simbolis kepada pimpinan institusi saat itu. Adapun pengelolaan langsung diserahkan kepada institusi agar mudah dalam pengelolaan dan pengawasan.”

“Namun usaha tidak berhenti sampai disitu, pimpinan dan tim melakukan serangkaian usaha seperti study banding ke klinik UIN Antasari Banjarmasin, menjalin kerjasama dengan mitra hijau untuk pengelolaan limbah, menjalin kerjasama dengan rumah sakit di Palangka Raya, open recrutment tenaga kesehatan, pendaftaran izin, melengkapi syarat yang tidak sedikit dan tidak mudah sampai terbitnya izin operasional yang dijadikan sebagai payung hukum pelaksanaan dan pelayanan kesehatan oleh dokter dan perawat yang bertugas di Klinik Pratama IAIN Palangka Raya”, lanjutnya.

Rektor IAIN Palangka Raya turut memberikan sambutan, “Hadirin yang berbahagia, adanya Klinik Pratama IAIN Palangka Raya bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada civitas akademik IAIN Palangka Raya yang beroperasional dari jam 07.30 sampai jam 16.00, namun petugas kesehatan baik dokter maupun perawat tetap siaga jika diperlukan diluar jam operasional khusus bagi mahasiswa yang tinggal di Ma’had Al-Jamiah Palangka Raya.”

“Selain itu, kami mengharapkan bahwa Klinik Pratama IAIN Palangka Raya kedepannya tidak hanya melayani warga kampus akan tetapi juga dapat melayani masyarakat sekitar kampus. Adapun dalam aspek fasilitas kami akan mengembangkan fasilitas laboratorium lengkap dan poli dokter gigi dan mengembangkan pelayanan rawat inap sehingga pasien bisa tertangani lebih baik di klinik Pratama IAIN Palangka Raya.”

“Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Kota Palangka raya, Dinas Kesehatan dan lembaga mitra baik rumah sakit maupun apotek yang telah membantu dalam memfasilitasi terlaksananya pelayanan kesehatan di Klinik Pratama IAIN Palangka Raya”, lanjutnya.

Walikota IAIN Palangka Raya dalam sambutannya turut mengucapkan selamat atas peresmian pembukaan Klinik Pratama IAIN Palangka Raya serta berterima kasih kepada Rektor dan seluruh jajarannya yang telah bekerja keras sehingga dapat mewujudkan Klinik Pratama IAIN Palangka Raya.

“Selamat atas peresmian Klinik Pratama IAIN Palangka Raya. Peresmian ini membuktikan bahwa Civitas di lingkungan Kampus tidak hanya terkonsentrasi pada bidang akademik namun juga pada bidang kesehatan mahasiswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Dengan ridho Allah SWT, maka Klinik Pratama IAIN Palangka resmi dibuka”, ucap Ibu Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran dalam sambutannya sekaligus membuka Klinik IAIN Palangka Raya secara resmi. (MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK