Home Berita Seminar Nasional Prodi MZAWA IAIN Palangka Raya Bahas Transformasi Profesi Perwakafan Era Society 5.0

Seminar Nasional Prodi MZAWA IAIN Palangka Raya Bahas Transformasi Profesi Perwakafan Era Society 5.0

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 515 views

IAIN Palangka Raya – Selasa (25/10), Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya sukses menggelar seminar nasional yang mengangkat tema “Profesi Perwakafan di Era Society 5.0”.

Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Aula Asmaul Husna IAIN Palangka Raya yang diikuti oleh kurang lebih 150 peserta baik dari mahasiswa, akademisi, lembaga pengelola zakat serta praktisi perwakafan seperti BWI Kota Palangka Raya dan nazhir sekota Palangka Raya.

Seminar Nasional ini dibuka langsung oleh Dekan FEBI IAIN Palangka Raya Dr. Ali Sibram Malisi, M.Ag. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi penuh kegiatan yang diinisiasi oleh Prodi MZAWA ini serta berharap akan semakin meningkatkan literasi wakaf yang berbasis digital khususnya di Kalimantan Tengah.

Seminar ini, dilaksanakan secara hybrid, offline dan online yang menghadirkan dua narasumber nasional. Narasumber pertama yang hadir langsung secara offline adalah Izzuddin Edi Siswanto, Lc., M.A., Ph.D. Beliau salah satu anggota Dewan Syariah Nasional MUI dan juga sebagai Dewan Pengawas Syariah Dompet Dhuafa.

Narasumber kedua yang hadir secara online, Roy Renwarin, CWP., CWS selaku Direktur Pengembangan Strategis Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia.

Dua narasumber memaparkan topik yang sangat menarik, pertama perkembangan profesi perwakafan di era society 5.0 mengharuskan pengelola wakaf beradaptasi dengan perkembangan teknologi, tidak lagi membatasi objek wakaf hanya pada benda-benda seperti tanah atau rumah. Pengelola wakaf harus sadar, bahwa di era society 5.0 wakaf sudah bertransformasi ke arah yang lebih dinamis, seperti wakaf uang, wakaf saham ataupun
cash waqaf link sukuk.

Sedangkan narasumber kedua menjelaskan secara khusus tentang peluang profesi perwakafan yang sangat potensial, hari ini berwakaf sudah sangat mudah dengan memanfaatkan platform teknologi yang dikembangkan oleh YEWI seperti pasifamal.id. Bahkan, lara mahasiswa sekalipun bisa menjadi wakaf raiser yang berpotensi mendapatkan penghasilan tambahan.

Seminar Nasional ini langsung dimoderatori oleh salah satu alumni Prodi MZAWA yaitu Agus Permana, S.E yang sekarang bekerja sebagai Kepala Kantor ID Express cabang Palangka Raya. (Zul/editor MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK