Home Berita RIBUAN PESERTA ANTUSIAS IKUTI JALAN SEHAT KERUKUNAN, TOKOH AGAMA DEKLRASI DAMAI

RIBUAN PESERTA ANTUSIAS IKUTI JALAN SEHAT KERUKUNAN, TOKOH AGAMA DEKLRASI DAMAI

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 414 views

IAIN Palangka Raya – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti Kemenag ke-77, jajaran Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar jalan sehat kerukunan. Mengusung tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”, ribuan peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Ini terbukti dengan jumlah peserta yang merupakan ASN Kemenag dan warga Kota Palangka Raya terlihat memadati IAIN Palangka Raya, Sabtu (14/01).

Dalam kesempatan ini, dibacakan juga Deklarasi Damai Umat Beragama oleh Kakanwil Provinsi Kalteng bersama tokoh agama dan ASN Kemenag yang hadir menegaskan komitmen mereka untuk merawat kebhinekaan yang menjadi anugerah terbesar bangsa Indonesia, mengukuhkan gerakan moderasi beragama untuk seluruh umat beragama guna mewujudkan kehidupan sosial yang rukun dan harmonis, menghindari segala bentuk ujaran kebencian, berita bohong, dan tindakan yang dapat mengakibatkan pembelahan sosial akibat polarisasi politik dan tidak menggunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye dan aktivitas politik praktis.

Rektor IAIN Palangka Raya, Rektor IAKN Palangka Raya, Rektor IAHN Tampung Penyang Palangka Raya, Kabid Bimas Islam, Kabid Bimas Kristen, Kabid Bimas Hindu, Pembimas Katolik, Pembimas Buddha, Ketua dan pengurus FKUB Kalteng dan perwakilan semua agama juga turut menyuarakan hal tersebut dan disahkan dengan ditandatanganinya deklarasi tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, H. Noor Fahmi dalam sambutannya menuturkan, “Mari kita rawat dan jaga kerukunan ini dengan selalu menghargai perbedaan yang ada. Kita mampu mempertahankan kemajemukan di Kalimantan Tengah ini serta selalu menjaga keharmonisan bersama-sama. Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya saya berikan kepada semua pihak yang mengikuti jalan sehat kerukunan ini, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kedamaian.”

Jalan sehat yang dimulai dari IAIN Palangka Raya dan berhenti di IAIN Palangka Raya ini dilanjutkan dengan hiburan dan pembagian doorprize. Kemenag Provinisi Kalimantan Tengah telah menyiapkan lebih dari 300 doorprize yang akan dibagikan kepada peserta jalan sehat yang beruntung. 5 hadiah utama berupa sepeda dan sepeda listrik juga sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta. Pedagang UMKM dan bazaar produk halal UMKM juga dihadirkan guna menyemarakan jalan sehat ini. (MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK