Home Berita NAIK TERUS! IAIN PALANGKA RAYA MENDUDUKI PERINGKAT 4 PTKIN TERBAIK VERSI WEBOMETRICS

NAIK TERUS! IAIN PALANGKA RAYA MENDUDUKI PERINGKAT 4 PTKIN TERBAIK VERSI WEBOMETRICS

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.1K views

IAIN Palangka Raya – IAIN Palangka Raya namanya terus naik pada peringkat PTKN (Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri) terbaik di Indonesia. Pada Januari 2023 lalu, Webometrics Ranking Web of Universities kembali merilis daftar Perguruan Tinggi terbaik di dunia tahun 2023. Seluruh perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta ada dalam daftar Webometrics Ranking Web of Universities 2023 ini.

Kali ini, IAIN Palangka Raya menduduki peringkat 4 PTKN terbaik di Indonesia. Kampus yang memiliki visi “Menjadi perguruan Tinggi yang Unggul, Berkarakter Islami Terpercaya di kawasan Asia pada Tahun 2039” ini berada pada ranking ke-73 di Indonesia dan 5.035 di dunia versi Webometrics.

Sebelumnya pada Juli 2022, IAIN Palangka Raya telah menduduki peringkat 10 PTKN terbaik se-Indonesia dan merupakan satu-satunya perguruan tinggi berbentuk “institut” yang masuk 10 besar.

Hal ini tentunya sangat membanggakan bagi kita semua. Pasalnya, pemeringkatan webometrics ini seringkali dijadikan acuan bagi para lulusan SMA maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

Webometrics Ranking of World Universities adalah sistem pemeringkatan untuk universitas- universitas di dunia dalam hal kinerja dan dampak publikasi dengan memperhitungkan 3 Indikator yaitu: (1) Openness; Keterbukaan publikasi hasil riset berdasarkan citasi tertinggi dari para peneliti universitas (10%), (2) Excellence; Berdasarkan jumlah citasi tertinggi paper hasil riset universitas dan (40%) dan (3) Visibility; Volume Konten dan dampak dari publikasi Web (50%).

Aspek visibility diperoleh dari dampak konten publikasi di website. Lalu, aspek openness mengacu pada keterbukaan publikasi ilmiah berdasarkan sitasi tertinggi dari peneliti universitas, sedangkan excellence berdasarkan sitasi tertinggi hasil riset universitas.

Maka dari itu tentunya ini tidak luput dari kerja keras seluruh sivitas IAIN Palangka Raya. Yuk kita terus tingkatkan prestasi ini agar nama IAIN Palangka Raya terus dikenal dikancah dunia. (Metta)

Berikut 10 PTKIN terbaik versi Webometrics Periode Januari 2023 :

1. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung
2. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
3. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
4. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
5. Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Aceh
6. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
7. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
8. Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
9. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
10. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung

Sumber data : www.webometrics.info

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK