Home Berita IAIN PALANGKA RAYA GENCAR SOSIALISASI PMB DARI SMA HINGGA PONPES

Pangkalan Bun – Tim Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun 2023 IAIN Palangka Raya telah gencar laksanakan sosialisasi pendaftaran kuliah bagi lulusan dari SMA/MAN/Ponpes sederajat mulai awal tahun. Sosialisasi dilakukan untuk memberikan informasi seputar IAIN Palangka Raya serta panduan cara mendaftarkan kuliah yang ditujukan kepada siswa dikelas XII yang tengah bersiap menghadapi masa transisi dari sekolah menuju ke Perguruan Tinggi.

Kali ini sosialisasi dilaksanakan di daerah Katingan dan Pangkalan Bun. Tidak hanya menyasar SMA, SMK dan MAN, tim PMB juga mendatangi pondok pesantren. Kali ini Pondok Pesantren Darul Ulum yang didatangi.

Pada sosialisasi mahasiswa baru disebutkan jalur masuk penerimaan  mahasiswa baru melalui tiga jalur seleksi, diantaranya jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN-PTKIN) pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website span.ptkin.ac.id, kemudian jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam melalui website um.ptkin.ac.id dan jalur mandiri melalui web pendaftaran.iainplk.ac.id

Tim PMB menjelaskan, “IAIN Palangka Raya adalah perguruan tinggi islam negeri yang telah memiliki banyak keunggulan. Mulai dari fasilitas yang memadahi, program studi yang terakreditasi hingga para pengajar yang profesional. Hal ini dibuktikan dengan jumlah profesor yang terus meningkat. Selain itu biaya UKT kami adalah yang termurah di Kalimantan Tengah, namun tidak mengurangi kualitas IAIN Palangka Raya sebagai perguruan tinggi.”

“Bagi adik-adik yang berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi akademik maupun non-akademik yang bagus jangan khawatir, kalian bisa mendaftarkan diri dengan mangajukan beasiswa. Terdapat banyak beasiswa yang disediakan mulai dari KIP, beasiswa BRI, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa PLN dll. Dengan demikian, adik-adik akan mendapatkan kesempatan mendapatkan bantuan biaya pendidikan sampai lulus,” jelas tim saat melalukan sosialisasi.

“IAIN Palangka Raya memiliki 4 fakultas yaitu Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) serta Program magister di Pascarsarjana yang masing-masing telah terakreditasi”, lanjutnya.

Dengan hadirnya IAIN Palangka Raya di sekolah-sekolah ini, diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang cukup bagi para siswa untuk mengetahui gambaran umum mengenai alur PMB sampai dengan bagaimana kehidupan dilingkungan kampus. Selain itu, adanya sosialisasi ini juga bertujuan untuk mempererat jalinan silaturahmi dan kerjasama yang nantinya dapat mendorong kualitas akademik.

Jalur SPAN-PTKIN telah berlalu dengan finalisasi PDDS dan selanjutnya akan dilaksanakan jalur UM-PTKIN. Jalur UM-PTKIN merupakan tahap seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Perguruan Tinggi UIN/IAIN/STAIN yang dilaksanakan secara serentak oleh panitia nasional secara tes. Sedangkan untuk jalur mandiri merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh kampus dengan layanan sistem pelayanan One Day Service oleh institut mulai dari proses pendaftaran, ujian, pengumuman dan registrasi bagi yang lulus.

Calon mahasiswa juga dapat menghubungi panitia lokal melalui nomor kontak 082162884372 serta dapat mencari informasi seputar informasi penerimaan mahasiswa baru IAIN Palangka Raya melalui laman website https://mikwa.iainplk.ac.id/spmb/ atau mengunjungi media sosial resmi IAIN Palangka Raya. (MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK