Home Berita STADIUM GENERAL “MEMBANGUN KOMPETENSI LULUSAN MENUJU PERSAINGAN GLOBAL”

IAIN Palangka Raya, Humas – Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya kembali melaksanakan Stadium General pada Senin (20/03/23). Acara dilangsukan di Gedung Aula Utama IAIN Palangka Raya.

Rektor IAIN Palangka Raya Prof. Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Stadium General. Dalam sambutannya beliau menyampaika kepada mahasiswa untuk memiliki budaya 5C untuk menjadi orang yang sukses. 5C itu adalah Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity dan Confidence. 

Prof. Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag lantas menyampaikan tradisi atau budaya yang terangkum dalam 5C Critical Thinking atau kemampuan berpikir kritis, dan mahasiswa juga harus mempunyai Communication Skill atau kemampuan berkomunikasi, saat seperti berkomunikasi dengan dosen secara langsung maupun via online.

Ketiga yakni collaboration atau bekerjasama. Dilanjutkannya bahwa berkompetisi penting, tetapi dunia sekarang menuntut adanya kerjasama satu sama lain. creativity atau kreatifitas. Hal ini ditunjukkan sepanjang waktu dengan cara membuat terobosan dan menemukan sesuatu yang baru dan yang kelima confidance atau percaya diri. Selain berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, kolaborasi atau kerjasama, dan kreativitas mahasiswa IAIN Palangka Raya juga wajib kepercayaan diri tinggi. Tuntutan percaya diri ini untuk bisa bertahan dan menjadi pemenang di era yang penuh kompetisi.

Studium General kali ini diisi oleh Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag., M.S.I, beliau mengawali materi dengan pesan mahasiswa harus mempunyai nilai, seperti halnya uang meskipun bentuk uang itu lecek, kotor, bahkan sobek tapi uang itu tetap mempunyai nilai.

Selanjutnya Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag., M.S.I menyapaikan materi inti tentang membangun kompetensi lulusan menuju persaingan global. Materi yang disampiakan bertujuan untuk memberi motivasi yang membangun untuk mahasiswa mempunyai potensi yang bagus dan menjadi lulusan yang berkompetensi mampu bersaing di global.

Untuk menjadi mahasiswa yang mampu bersaing di global ada beberapa hal yang harus dibenahi untuk menjadi alumni yang bermutu dan sesuai harapan mulai dari kuliah tepat waktu, prestasi tinggi, dapat beasiswa, memiliki karya yang monumental dan memiliki relasi karena persaingan global di multi era ini makin ketat.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK