Home Berita 10 MAHASISWA IAIN PALANGKA RAYA LAKSANAKAN PENGABDIAN MELALUI PWN PTK 2023 DI GORONTALO

10 MAHASISWA IAIN PALANGKA RAYA LAKSANAKAN PENGABDIAN MELALUI PWN PTK 2023 DI GORONTALO

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 300 views

IAIN Palangka Raya – IAIN Palangka Raya mengirimkan 5 mahasiswa dan 5 mahasiswi untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan yang tahun ini digelar di Gorontalo. Perkemahan ini merupakan ajang pertemuan dan kolaborasi antara mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi keagamaan di seluruh Indonesia dalam rangka mengembangkan potensi diri dan memperluas wawasan.

Prof. Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag yang bertindak sebagai Mabigus, Dr. Sadiani, M.H selaku Pimpinan Kontingen dan Mulhimah, M.Pd.I selaku Bina Damping turut hadir pada kegiatan yang merupakan agenda dua tahunan Kementerian Agama Republik Indonesia dan bertujuan sebagai wahana memperkuat nasionalisme, patriotisme, dan solidaritas antar sesama.

PWN PTK ini telah dibuka pada tanggal 22 Mei kemarin yang dibuka langsung oleh Menteri Agama RI. Menag mengatakan bahwa PWN ini harus dijadikan momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman. Apalagi tema besar yang diusung pada PWN kali ini bertajuk “Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama.” Sebuah tema yang cukup menantang sekaligus membutuhkan pembuktian segenap insan pramuka.

“Gerakan pramuka harus menjadi garda depan dalam menyemai perdamaian dan memperkokoh persatuan. Dengan potensi yang luar biasa, saya yakin dan percaya gerakan pramuka akan mampu menjawab berbagai tantangan dan perubahan zaman,” lanjutnya.

Digelar dari tanggal 22 – 27 Mei 2023, perkemahan ke-16 ini dihadiri oleh 1200 peserta dari 67 Perguruan Tinggi Kegamaan yang ada di Indonesia. Adapun kegiatan yang dilangsungkan selama PWN berjalan ini antara lain pengabdian masyarakat dan penguatan kompetensi kepramukaan. Peserta juga akan bertempat tinggal langsung di pemukiman masyarakat yang merupakan bagian dari pengadian secara bergantian. Program – program pendidikan dan bakti sosial juga akan dilaksanakan.

Rektor IAIN Palangka Raya turut menyampaikan dukungannya kepada mahasiswa-mahasiswi IAIN Palangka Raya yang mengikuti kegiatan ini, ” Kami sangat mendukung mahasiswa kami untuk terlibat dalam kegiatan nasional seperti ini dan memperluas jaringan mereka. Perkemahan Wirakarya Nasional adalah kesempatan yang sangat berharga bagi mereka untuk belajar, tumbuh, dan bersinergi dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya.”

Penguatan komptensi kepramukaan juga akan diberikan kepada peserta yang menetap di lokasi perkemahan dalam bentuk seminar (pelatihan kewirausahaan digital, ekonomi kreatif, sertifikasi halal dan keamanan pangan, serta optimalisasi media sosial), Forum Group Discussion (FGD), dan keterampilan tekhnik tepat guna. Seluruh peserta juga akan mengikuti wisata untuk mengenal lebih dekat potensi alam yang dimiliki Gorontalo.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK