Home Berita KEREN BANGET! 3 MAHASISWA IAIN PALANGKA RAYA LOLOS KE AMERIKA DAN TUNISIA

KEREN BANGET! 3 MAHASISWA IAIN PALANGKA RAYA LOLOS KE AMERIKA DAN TUNISIA

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.3K views

IAIN Palangka Raya – Mahasiswa IAIN Palangka Raya telah mengukir prestasi gemilang setelah berhasil lolos dalam seleksi ketat Beasiswa MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA). Berdasarkan pengumuman nomor B-795.1/DJ.I/Dt.I.III/PP.04/07/2023, 2 mahasiswa IAIN Palangka Raya akan berangkat ke Amerika dan 1 mahasiswa lainnya ke Tunisia.

Beasiswa bergengsi ini merupakan program dari Kementerian Agama Republik Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa berprestasi untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke luar negeri, guna memperluas wawasan dan meningkatkan kualitas akademik. Program ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa berprestasi dari perguruan tinggi agama Islam di Indonesia untuk melanjutkan studi dan penelitian di universitas-universitas ternama di luar negeri.

Perguruan tinggi tujuan peserta program beasiswa tersebut mencakup lembaga pendidikan tinggi negeri yang ada di negara-negara anggota ASEAN serta Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Timur Tengah. Program ini berlangsung selama satu semester dengan durasi maksimal enam bulan.

Mahasiswa yang meraih beasiswa ini adalah Josilia Puspita Rahayu (semester 5/Tadris Bahasa Inggris), Muhammad Aqli (semester 7/Tadris Bahasa Inggris), dan Muhammad Tabrani (semester 5/Pendidikan Bahasa Arab). Keberhasilan mereka dalam meraih beasiswa MOSMA ini adalah bukti atas prestasi akademik yang gemilang dan dedikasi yang luar biasa dalam menjalani pendidikan di IAIN Palangka Raya.

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh anak-anak kami. Ini merupakan bagian dari membangun atmosfir akademik yang baik. Ini juga merupakan sarana untuk menggelorakan semangat bahwa IAIN Palangka Raya tidak hanya belajar di ruang kelas namun juga dapat menggali potensi diri dengan mengikuti berbagai ajang akademik dan non-akademik ditingkat nasional maupun internasional seperti ini,” ujar Prof. Dakhoir, Rektor IAIN Palangka Raya.

Muhammad Aqli, salah satu mahasiswa yang akan berangkat ke Amerika mengatakan,”Saya merasa senang sekali menjadi salah satu mahasiswa yang terpilih ke luar negeri karena tesnya yang tergolong sulit. Mulai dari tes TOEFL di IAIN Palangka Raya, Duolingo English Test International, tes administrasi hingga wawancara bersama dosen dan psikolog di lingkungan Kementerian Agama. Harapannya setelah pulang dari Amerika, kami dapat sharing pengalaman belajar di luar negeri nantinya dapat diimplementasikan dan berkontribusi positif bagi pengembangan akademik dan sosial di IAIN Palangka Raya.”

Hal yang sama juga disampaikan oleh Tabrani yang berharap bahwa ajang ini dapat digunakan sebagai sarana pembuktian diri untuk membangun relasi/jejaring yang lebih luas di luar negeri. Ia juga berharap dapat mengenalkan budaya Indonesia khususnya Kalimantan Tengah kepada teman-teman dari berbagai negara.

“Terima kasih kepada seluruh Bapak/Ibu yang selalu mendukung kami hingga sejauh ini. Selanjutnya kami lakukan beberapa persiapan guna keberangkatan keluar negeri seperti pembuatan passport dan beberapa hal lainnya”, ucap Josi, penerima beasiswa MOSMA Amerika.

Dengan berita keberhasilan ini, semoga semakin banyak mahasiswa dari IAIN Palangka Raya dan perguruan tinggi Indonesia lainnya yang termotivasi untuk berprestasi dan mengikuti jejak mereka dalam meraih kesempatan emas di kancah internasional. Selamat untuk Aqli, Josi dan Tabrani, semoga sukses dalam studi lanjutnya di luar negeri!

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK