Home Berita IAIN PALANGKARAYA: SIAP MEMBUKA PROGRAM DOKTOR STUDI ISLAM

IAIN PALANGKARAYA: SIAP MEMBUKA PROGRAM DOKTOR STUDI ISLAM

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 118 views

IAIN Palangka Raya – IAIN Palangka Raya, salah satu perguruan tinggi terkemuka di Kalimantan Tengah, telah selangkah lebih maju untuk membuka program studi doktoral (S3) Studi Islam. Keputusan ini menjadi langkah penting dalam pengembangan pendidikan tinggi di wilayah tersebut.

Saat ini Rektor IAIN Palangka Raya dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan beserta jajaran sedang melaksanakan asesmen ketercukupan dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam guna izin pembukaan program studi doktoral. Mendapatkan kesempatan pertama untuk presentasi, tim memaparkan distingsi S3 yang terlihat dari visi keilmuan.

IAIN Palangka Raya telah memenuhi persyaratan dalam pembukaan program studi baru ini diantaranya institut telah terakreditasi B, memiliki sumber daya manusia (guru besar, dosen, dan tendik) yang mencukupi, dan sarana prasarana yang memadai. Selain itu, IAIN Palangka Raya juga memiliki Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) lengkap, yang merupakan hal yang wajib dipenuhi apabila akan membuka prodi baru.

Rektor IAIN Palangka Raya, Prof. Dr. Ahmad Dakhoir, M.Pd menyampaikan bahwa kelengkapan berkas-berkas IAIN Palangka Raya sudah baik, “kedua penilai menilai berkas-berkas pembukaan S3 sudah baik. Baik dari sisi sumber daya manusia, distingsi, termasuk nama program studi yaitu program doktor studi islam.”

“Assesor BAN PT terdiri dari Prof. Dr. M. Sirozi, Ph.D dan Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A, memberikan catatan khusus terkait penajaman kurikulum, metodologi, dan isu keagamaan yang relevan dengan studi islam”, lanjut beliau.

Prof. Dr. Abdul Qodir, M.Pd selaku ketua tim menyambut gembira dengan langkah-langkah yang cepat dan tepat dari Rektor, “Prof. Dakhoir sangat cepat dalam mengembangkan program studi strata 3 ini. Pengembangan ini searah dengan tahapan meraih the excellent university, merujuk kepada roadmap IAIN Palangka Raya 2015-2039 dan Renstra pengembangan IAIN. Semoga tim terpadu asesmen lapangan segera datang dan proses penyelesaian tepat waktu.”

Program doktoral ini akan difokuskan pada berbagai aspek pendidikan Islam, termasuk metodologi pengajaran, pengembangan kurikulum, studi keagamaan, dan penelitian terkait isu-isu penting dalam pendidikan Islam. Dengan pembukaan program ini, diharapkan akan tercipta lingkungan akademik yang mendorong penelitian yang berkualitas dan berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman dan praktik Pendidikan Islam.

Pembukaan program doktoral di IAIN Palangka Raya diharapkan akan membawa dampak positif dalam pengembangan pendidikan Islam di Kalimantan Tengah dan meningkatkan peran IAIN Palangka Raya dalam menghasilkan peneliti dan pemimpin pendidikan Islam yang berkualitas.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK