Home Berita GO INTERNASIONAL: IAIN PALANGKARAYA MOU DENGAN MAJELIS AGAMA NARATHIWAT THAILAND

GO INTERNASIONAL: IAIN PALANGKARAYA MOU DENGAN MAJELIS AGAMA NARATHIWAT THAILAND

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 170 views

IAIN Palangka Raya – IAIN Palangka Raya dan Majelis Agama Narathiwat, Thailand, telah resmi menjalin kerjasama strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua institusi pada tanggal 05 September 2023 di kantor pusat Majelis Agama Islam Narathiwat.

Nota kesepahaman ini merupakan langkah konkret dalam memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Thailand, khususnya dalam bidang pendidikan dan keagamaan. Dalam acara penandatanganan, Rektor IAIN Palangka Raya diwakili oleh Dr. Dakir, M.A, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, bersama dengan Sekretaris Majelis Agama Narathiwat menyampaikan komitmen kuat mereka untuk saling mendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di kedua negara.

Penyelenggaraan konferensi bersama/ seminar yang menggali isu-isu agama, budaya, dan sosial yang relevan. Konferensi ini menjadi wadah bagi para akademisi, praktisi, dan pemimpin agama dari kedua negara untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Selain itu, kerjasama ini juga menetapkan langkah-langkah konkret upaya mendukung tujuan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan internasionalisasi kampus melalui fasilitasi magang dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa IAIN Palangka Raya di lingkungan Majelis Agama Narathiwat. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam berkontribusi pada pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat setempat Program ini bertujuan untuk memperluas pemahaman kedua belah pihak tentang agama, budaya, dan pendidikan di negara masing-masing.

Program magang ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam berbagai proyek dan program yang dilaksanakan oleh Majelis Agama Narathiwat. Mahasiswa dapat belajar tentang berbagai aspek keagamaan, sosial, dan budaya di wilayah tersebut, serta berkontribusi secara nyata dalam program pengabdian kepada masyarakat.

Tidak kalah pentingnya adalah kerjasama dalam pengelolaan zakat dan wakaf. Fulan bin Fulan (belum tau nama lengkap beliau), divisi bidang zakat dari Majelis Agama Narathiwat, menuturkan tentang manfaat kerjasama ini, “Kami sangat senang dengan kedatangan tamu kehormatan dari pada Indonesia, supaya bisa menyaksikan sendiri kondisi umat Islam di Narathiwat, khususnya dan wilayah-wilayah Thailand pada umumnya. Termasuk bagaimana pentadbiran zakat di negara mayoritas non-Muslim. Dengan ini, kami berharap dapat saling berbagi informasi tentang pentadbiran zakat yang efektif di Indonesia.”

Dr. Dakir, MA, mengungkapkan pentingnya inisiatif ini, “Melalui magang dan KKN, mahasiswa kami akan mendapatkan pengalaman berharga dalam pelayanan masyarakat yang sejalan dengan nilai-nilai agama dan kebudayaan. Ini adalah langkah konkrit upaya mewujudkan komitmen kami dalam tridharma perguruan tinggi, khususnya pengabdian kepada masyarakat.”

Langkah-langkah ini juga akan membantu memperdalam pemahaman mahasiswa tentang kondisi sosial dan keagamaan di Narathiwat, selain itu, diharapkan juga menciptakan peluang bagi mahasiswa Indonesia dan Thailand untuk saling bertukar pengalaman dan ide dalam upaya bersama untuk memberikan dampak positif pada masyarakat. (Noor Sayuti)

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK