Home Berita PENGABDIAN INTERNASIONAL BERBASIS RISET: MAHASISWA IAIN PALANGKARAYA MENDIRIKAN BAITUL MAAL

PENGABDIAN INTERNASIONAL BERBASIS RISET: MAHASISWA IAIN PALANGKARAYA MENDIRIKAN BAITUL MAAL

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 189 views

Thailand – Lembaga Diamond Family Foundation yang memiliki fokus dalam pendidikan, kesehatan, dakwah, dan sosial keagamaan, merasa sangat antusias menyambut kedatangan mahasiswa dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Kehadiran mahasiswa ini telah menginspirasi sebuah gagasan penting dalam pengembangan program filantropi mereka.

Salah satu mahasiswa IAIN Palangka Raya, Nur Ribkhi Ibnu Zulfa, yang merupakan mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, mengemukakan gagasan pendirian Baitul Mal. Gagasan ini telah mendapatkan sambutan yang hangat dari Founder Diamond Family Foundation, untuk lebih mendalami konsep dan rencana pelaksanaan program ini, dr. Wanhamadee Waeda-oh mengundang salah satu Dosen IAIN Palangka Raya, Muhammad Noor Sayuti, BA., ME., CWC, untuk berbagi pemikiran mengenai desain awal program Baitul Mal serta pengelolaan zakat dan wakaf oleh lembaga.

Diamond Family Foundation telah lama melakukan kegiatan filantropi dalam bentuk penghimpunan zakat dari profesi dokter-dokter yang merupakan hasil binaan mereka. Namun, hingga saat ini, kegiatan ini belum dibentuk menjadi sebuah lembaga yang berkelanjutan. Kehadiran mahasiswa IAIN Palangka Raya membawa visi yang besar bagi kemajuan lembaga ini.

Sebagai rasa terima kasih yang mendalam, Diamond Family Foundation memutuskan untuk memasukkan Dosen dan Mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf tersebut sebagai anggota Dewan Pertimbangan dan salah satu Founder Diamond Family Foundation Baitul Mal. Keputusan ini mencerminkan pengakuan atas kontribusi penting mereka dalam mewujudkan visi ini.

Dalam sambutannya, dr. Wanhamadee Waeda-oh menyampaikan rasa terima kasihnya atas kedatangan mahasiswa magang dan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik. “Alhamdulillah, sokongan yang diberikan oleh IAIN Palangka Raya kepada kami adalah titik permulaan untuk mendirikan Baitul Mal. Maka itu, bagi siapa pun yang menjadi inovator dalam membentuk inovasi yang baik, maka Allah akan memberikan ganjaran yang baik, dan Allah akan menambahkan ganjaran baik tersebut hingga hari kiamat,” ungkapnya.

Peresmian Baitul Mal ini dilakukan bersamaan dengan pelepasan mahasiswa pada tanggal 7 September 2023. Kegiatan ini diresmikan langsung oleh Founder Diamond Family Foundation, dr. Wanhamadee Waeda-oh, sebagai simbol komitmen mereka dalam mewujudkan Baitul Mal sebagai sarana yang akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Muslim Narathiwat dan sekitarnya. Keberadaan Baitul Mal ini diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial dan keagamaan di wilayah ini.

 

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK