Home Berita Rektor IAIN Palangka Raya Jadi Narasumber Moderasi Beragama di IAHN Tampung Penyang

Rektor IAIN Palangka Raya Jadi Narasumber Moderasi Beragama di IAHN Tampung Penyang

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 163 views

IAIN Palangka Raya – Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang menggelar acara sosialisasi penguatan moderasi beragama yang dihadiri oleh mahasiswa baru. Acara tersebut bertujuan untuk mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang agama-agama, serta mendorong kerukunan dan toleransi di masyarakat.

Sebagai narasumber utama dalam acara ini, Rektor IAIN Palangka Raya, Prof. Dr. Ahmad Dakhoir, S.H.I., M.H.I membagikan wawasan penting tentang moderasi beragama. Prof. Dakhoir menggarisbawahi pentingnya moderasi beragama sebagai landasan dalam menghadapi perbedaan keyakinan dalam masyarakat yang beragam.

Prof. Dakhoir menjelaskan, “Moderasi beragama artinya konsep dalam beragama yang menekankan pada toleransi, penghargaan, dan penghormatan terhadap keyakinan agama orang lain tanpa harus membenarkannya atau merendahkan keyakinan sendiri.”

Beliau juga menyoroti bahwa dalam era globalisasi dan komunikasi yang semakin mudah, penguatan moderasi beragama adalah langkah yang sangat relevan. “Kita hidup dalam dunia yang semakin terhubung, dan ini mengharuskan kita untuk lebih memahami perbedaan dalam agama dan budaya,” tambah Prof. Dakhoir.

Dalam rangkaian acara ini, para peserta juga diajak untuk berpartisipasi dalam sesi diskusi dan tanya jawab yang aktif, memungkinkan pertukaran gagasan dan pemahaman yang lebih dalam tentang moderasi beragama.

Acara sosialisasi penguatan moderasi beragama IAHN Tampung Penyang ini diharapkan akan menjadi langkah awal untuk mempromosikan perdamaian, harmoni, dan toleransi antaragama di Kalimantan Tengah ini. Dengan melibatkan narasumber berkualitas seperti Prof. Dakhoir, diharapkan pesan tentang pentingnya moderasi beragama akan dapat tersebar luas dan membawa perubahan positif dalam masyarakat.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK