Home Berita WORKSHOP ASISTENSI TADRIS BIOLOGI, MAHASISWA PRAKTIK KOSMETIK BIOHERBAL

WORKSHOP ASISTENSI TADRIS BIOLOGI, MAHASISWA PRAKTIK KOSMETIK BIOHERBAL

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 188 views

IAIN Palangka Raya – 26 mahasiswa Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya angkatan 2021 berkumpul di UPT Laboratorium Herbal Materia Medika Batu untuk mengikuti kegiatan praktik pembuatan produk kosmetik alami dan turunannya pada hari ini (13/09).

Laboratorium Herbal Materia Medika Batu dikenal sebagai pusat penelitian dan pengembangan produk herbal yang menggunakan bahan-bahan alami. Dalam praktik ini, mahasiswa diajarkan tentang proses pembuatan sabun cair dan natural fruity lip balm yang menggunakan bahan-bahan alami seperti ekstrak tumbuhan, minyak esensial, dan bahan-bahan organik lainnya.

Salah satu mahasiswa, Rahma Alia mengatakan, “Saya sangat senang bisa belajar secara langsung di sini. Ini adalah pengalaman berharga karena dapat melihat bagaimana produk alami dibuat dari bahan-bahan yang kami pelajari dalam mata kuliah. Ternyata ada banyak tumbuhan yang tidak hanya baik untuk kesehatan, namun juga bisa dibuat kosmetik yang sangat lekat pada wanita seperti saya.”

Selama praktik, mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya keberlanjutan dan penggunaan bahan-bahan alami dalam produk kosmetik. Mereka juga terlibat langsung dalam proses pembuatan produk, mulai dari pencampuran bahan dasar hingga pengemasan produk.

Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan teori- teori terkait kosmetik dan jenis-jenisnya, reaksi saponifikasi, serta karakteristik bahan dasar dari butter dan minyak yang diberikan oleh Apt. Rocky Fahriar, S. Farm. 26 mahasiswa tersebut didampingi oleh Wakil Dekan 1 FTIK Dr. Jumrodah, S.Si, M.Pd, Ketua Pelaksana Dosen Tadris Biologi Dr. Noor Hujjatusnaini, M.Pd dan pengelola laboratorium biologi Hidayati Rahimah, S.Pd, M.Si.

Dr. Jumrodah mengatakan, “Workshop asistensi ini dilaksanakan setiap tahunnya dan menjadi program rutin Tadris Biologi yang memberikan dampak positif terhadap mahasiswa. Mahasiswa dibekali ilmu pengetahuan dan skill terkait pemanfaatan sumber daya alam khususnya tanaman obat.”

“Mereka diajarkan cara membuat sabun cair dan lipbalm, dimana ini sejalan dengan visi misi Tadris Biologi terkait pengembangan sumber daya alam bioherbal dan melatih enterpreneurship mahasiswa”, lanjut beliau.

Kegiatan praktik di UPT Laboratorium Herbal Materia Medika Batu diharapkan akan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada mahasiswa Tadris Biologi tentang produk-produk alami dan lingkungan hidup. Selain itu, hal ini juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan praktis yang dapat berguna dalam karier mereka di masa depan.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK