Home Berita HADAPI REVOLUSI 5.0: IAIN PALANGKARAYA ADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL

HADAPI REVOLUSI 5.0: IAIN PALANGKARAYA ADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 124 views

IAIN Palangka Raya – Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya kembali menggelar seminar internasional yang sangat dinanti-nantikan, “Fuad Experience Space“. Seminar internasional ini diadakan untuk menampilkan pemikiran dan penelitian terkini seputar dampak dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dalam era Society 5.0 yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Seminar ini menghadirkan ratusan peserta secara hybird, yang hadir secara virtual dan fisik untuk berpartisipasi dalam diskusi yang mendalam dan memperluas wawasan mereka sesuai dengan tema yang diusung “Social Problems of Artificial¬† Intelligence Towards Society 5.0“. Walikota IAIN Palangka Raya, Fairid Naparin, S.E turut hadir sebagai pembicara dengan mempresentasikan materi “Economic Growth in Social Practice“.

Peserta juga mendengarkan paparan dari para pakar terkemuka di bidangnya seperti Dr. Desi Erawati, M.Ag (Dosen IAIN Palangka Raya), Datin dr. Siti Taniza (Presiden PEKA, Malaysia), Dr. Nola Fibriyani Bte Salman (Islamic College Singapore) dan Dr. Maad Ahmad (Dosen University Islam Selangor). Selain itu mahasiswi IAIN Palangka Raya, Syifa Adibah juga turut menjadi pembicara dalam acara ini.

Dr. Ahmadi, M.S.I dalam sambutannya menyatakan, “Seminar ini bertujuan untuk mendorong kolaborasi antara berbagai pihak dalam mengatasi tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dalam menghadapi perkembangan AI. Kini semakin berkembangannya zaman dan teknologi, memungkinkan semua bidang menggunakan AI yang tentu memiliki dampak negatif dan positif.”

“Contohnya sekarang AI sudah bisa digunakan dalam menganalisis kesehatan dan hasil laboratorium, maka semua akan menjadi lebih cepat mudah. Namun, akan semakin sedikit SDM analis kesehatan. Kami berharap bahwa hasil dari seminar ini akan menjadi landasan bagi tindakan positif dan kebijakan yang berkelanjutan dalam menjawab perubahan sosial yang cepat ini terutama dalam bidang pendidikan.”

Seminar internasional “Fuad Experience Space” di IAIN Palangka Raya menjadi forum yang sangat penting dalam merangkul perubahan yang disebabkan oleh AI dan bagaimana teknologi ini dapat menyumbang positif terhadap Society 5.0. Diharapkan bahwa seminar ini akan terus menjadi wadah untuk dialog dan inovasi yang akan membentuk masa depan yang lebih baik untuk masyarakat global.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK