Home Berita IAIN Palangka Raya Gelar Workshop Akselerasi Menuju Guru Besar

IAIN Palangka Raya Gelar Workshop Akselerasi Menuju Guru Besar

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 223 views

Palangka Raya – Dalam upaya meningkatkan kualitas akademik di lingkungan IAIN Palangka Raya, LP2M IAIN Palangka Raya mengadakan kegiatan pelatihan yang bertajuk “Workshop Akselerasi Ke Lektor Kepala dan Guru Besar Tahun 2023.” di Best Western Hotel Palangka Raya hari sabtu s.d minggu pada tanggal 11 -12 November 2023.

Acara ini diikuti oleh 12 peserta, terdiri dari 10 Dosen berpangkat lektor dan 2 Dosen berpangkat lektor kepala. Untuk memperkaya materi, kegiatan ini mendatangkan tiga narasumber dari UIN Bandung, yaitu Dian Sa’adillah Maylawati, S. Kom., M.t., Ph. D, Diena Rauda Ramdania, S. Pd., MT., M.Eng, dan Ai Yeni Yuliyanti, S. Pd., M. Hum.

Dalam sambutannya, Ketua LP2M IAIN Palangka Raya, Dr. Mariah Kibtiyah, M.S.i, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini memberikan dorongan, motivasi, dan semangat kepada peserta untuk mempercepat perjalanan karir mereka. Tujuan utama workshop ini adalah mendorong peserta naik jabatan fungsional dari Lektor ke Lektor Kepala, serta dari Lektor Kepala ke Guru Besar.

“Workshop Akselerasi ini berlangsung selama dua hari dua malam atau setara dengan 19 jam pelajaran. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok, di setiap kelompok terdiri dari 4 orang peserta, 1 pendamping, dan 1 narasumber,” ujar Mariah.

Ia menambahkan bahwa peserta diharapkan dapat termotivasi untuk menyelesaikan tugas, termasuk mengolah draft jurnal, memproses, memperbaiki, hingga mensubmit artikel jurnal ke jurnal yang ditentukan.

Ketua LP2M juga menekankan pentingnya komitmen peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, sebagaimana diwujudkan melalui Surat Pernyataan yang telah diisi dan ditandatangani oleh semua peserta.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Rektor IAIN Palangka Raya, Prof. Dr. Akhmad Dakhoir, M.H.I, memberikan semangat, motivasi, dan doa kepada peserta. Ia berharap agar dosen yang masih berpangkat lektor dapat segera mencapai lektor kepala, sementara lektor kepala bisa mencapai posisi Guru Besar.

Rektor menyoroti kendala minimnya dosen yang mencapai puncak karir sebagai Guru Besar, yang menjadi salah satu hambatan dalam mendapatkan akreditasi Unggul/A pada beberapa program studi di kampus tercinta IAIN Palangka Raya

Rektor juga menegaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya berlangsung sekali, melainkan akan berkelanjutan dengan melibatkan narasumber yang kompeten. Peserta kegiatan akan terus dipantau melalui LP2M untuk memastikan bahwa kewajiban mereka mensubmit artikel hingga terbit di jurnal dapat terpenuhi.

Sebagai penutup, Rektor menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ini dan berharap kegiatan serupa akan terus dilakukan pada tahun 2024, khususnya untuk peserta yang masih berpangkat lektor. Dengan semangat pantang mundur, peserta diharapkan dapat terus maju dan memberikan kontribusi positif dalam dunia akademis. Dan akhirnya kegiatan ini dibuka oleh Rektor dengan mengucap Basmallah. (Jamil)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK