Home Berita WORKSHOP PENGELOLAAN JURNAL, PROF. PARMIN: IDEALNYA KAMPUS MEMILIKI 25 JURNAL TERAKREDITASI

WORKSHOP PENGELOLAAN JURNAL, PROF. PARMIN: IDEALNYA KAMPUS MEMILIKI 25 JURNAL TERAKREDITASI

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 141 views

IAIN Palangka Raya – Hari ini (30/11), IAIN Palangka Raya menggelar workshop penting yang bertujuan meningkatkan kualitas jurnal-jurnal yang dimiliki kampus. Workshop yang bertajuk “Menuju Jurnal Internasional Terakreditasi” ini menjadi wadah bagi para pengelola jurnal dan akademisi untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang langkah-langkah menuju akreditasi jurnal internasional.

Prof. Dr. Parmin, M.Pd, pembicara utama dalam workshop ini, secara tegas menyampaikan visi yang ambisius namun bermakna. Menurutnya, “Idealnya, sebuah kampus harus memiliki setidaknya 25 jurnal terakreditasi untuk mengukuhkan eksistensi dan kontribusi intelektualnya. Maka dari itu kita butuh roadmap.”

“Dari 25 jurnal ini, setidaknya 10% dari jumlah jurnal harus bereputasi internasional. Jurnal Al-Mashlahah yang saat ini terindeks scopus, apabila ketika di tracking selama 2 tahun performanya bagus, maka jurnal-jurnal lain akan mengikuti. Setelahnya, kita juga dipercaya sebagai publisher terakreditasi”, lanjut beliau.

Workshop yang dihadiri oleh pengelola jurnal dan dosen dari berbagai program studi di IAIN Palangka Raya ini bertujuan untuk memberikan panduan dalam meningkatkan kualitas jurnal, mulai dari proses editorial, manajemen peer review, hingga strategi promosi untuk mencapai standar jurnal internasional yang terakreditasi.

Lilin Ika Nur Indahsari, S.Pd., M.Si, salah satu peserta workshop, berbagi pandangannya, “Workshop ini memberikan wawasan yang sangat berguna bagi kami sebagai pengelola jurnal. Prof. Parmin banyak memberi motivasi dan tips untuk peningkatan kualitas jurnal dalam mencapai indeks scopus maupun akreditasi SINTA 2. Beliau juga menekankan pentingnya menjaga kualitas artikel yang diterbitkan sehingga memenuhi persyaratan yg diminta oleh asesor SINTA maupun pihak scopus.”

Dalam era globalisasi ini, peningkatan kualitas dan konsistensi jurnal menjadi hal penting bagi lembaga pendidikan tinggi. Langkah strategis IAIN Palangka Raya melalui workshop ini menjadi salah satu upaya yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas jurnal-jurnalnya dan memperluas jangkauan serta dampak penelitian yang dihasilkan.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK