Home Berita Webinar Internasional Manajemen Pendidikan Islam: Prinsip dan Nilai dalam Perspektif Hadits

Webinar Internasional Manajemen Pendidikan Islam: Prinsip dan Nilai dalam Perspektif Hadits

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 282 views

Palangka Raya – Pascasarjana IAIN Palangka Raya menyelenggarakan webinar internasional mengenai prinsip dan nilai manajemen pendidikan Islam dalam perspektif hadits. Acara tersebut diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting dan dihadiri oleh para mahasiswa, akademisi, dan praktisi pendidikan Islam di Kalimantan Tengah pada tanggal 26 Februari 2024.

Dalam webinar ini, narasumber yang dihadirkan adalah As Syekh Al Qodhi Al Muhaddist Dr. Yasir Al Adni bin Salim As Syahuri, seorang pakar hadits dari Institut Darul Hadist Lil Irsn Nabawi di Tarim Hadramaut, Yaman, Dr. Dian Iskandar Jaelani, M.A dari Universitas Islam Madura Pamekasan, dan Dr. Ahmadi, M.S.I. dari IAIN Palangka Raya. Acara dimoderatori oleh Ahmad Munir Mahasiswa IAIN Palangka Raya dan Faturrahman Fahrozi, S.H., mahasiswa dari Institut Darul Hadist Lil Irsn Nabawi di Tarim Hadramaut.

Ketiga narasumber tersebut membawakan materi yang menggabungkan perspektif keilmuan yang berbeda, memberikan wawasan yang luas kepada peserta mengenai prinsip dan nilai manajemen pendidikan Islam dalam konteks hadits.

Dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana IAIN Palangka Raya, Dr. H. Abdul Helim, M. Ag, menyampaikan, “Webinar ini merupakan salah satu upaya kami untuk terus mengembangkan wawasan dan pemahaman tentang manajemen pendidikan Islam yang berbasis pada sumber-sumber utama dalam agama Islam, termasuk Hadits. Kami berharap melalui diskusi ini, para peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam serta aplikatif dalam mengelola institusi pendidikan Islam di era yang terus berkembang ini.” ungkapnya.

Kegiatan terbagi menjadi dua sesi yang berbeda. Sesi pertama berfokus pada pemaparan materi, sementara sesi kedua mencakup parallel session yang diisi oleh mahasiswa yang telah lulus seleksi. Artikel yang lulus seleksi sebanyak 33 artikel dan dipresentasikan secara paralel dengan 4 kelompok. Adapun kajian yang dibahas manajemen pendidikan islam dan studi islam.

Selain itu, Ketua Panitia Webinar sekaligus Ketua Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam pada Pascasarjana IAIN Palangka Raya Dr. Musyarapah, M.Pd.I mengatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk mendalami prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang terkandung dalam hadits sebagai panduan dalam pengelolaan pendidikan Islam. Dengan menghadirkan para ahli dan praktisi pendidikan dari berbagai negara, webinar ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi yang produktif dan memberikan wawasan yang mendalam bagi para peserta.” tambahnya.

Webinar ini juga menjadi bukti nyata tentang komitmen Pascasarjana IAIN Palangka Raya dalam menyelenggarakan kegiatan ilmiah yang berkualitas serta mendukung pengembangan pendidikan Islam yang progresif dan inklusif. (Pj)

Kegiatan sesi parallel session

Kegiatan sesi parallel session

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK