Home Berita Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional: Mendorong Inovasi Teknologi untuk Indonesia Emas

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional: Mendorong Inovasi Teknologi untuk Indonesia Emas

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 145 views

IAIN Palangka Raya – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116, IAIN Palangka Raya menggelar upacara di Halaman Rektorat. Tahun ini, peringatan tersebut mengusung tema “Kebangkitan Kedua Menjuju Indonesia Emas”, yang menyoroti pentingnya inovasi teknologi dalam memajukan bangsa.

Dr. Syaikhu, M.H.I., Wakil Rektor Bidang AUPK IAIN Palangka Raya, bertindak sebagai pembina upacara dan membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa inovasi teknologi telah menjadi pendorong utama perubahan revolusioner dalam kehidupan manusia.

 

“Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,” ujar Dr. Syaikhu, M.H.I.

Beliau menegaskan pentingnya penguasaan dan literasi teknologi agar masyarakat dapat turut berkontribusi dalam mengembangkan inovasi yang dapat meningkatkan perekonomian bangsa. “Bonus demografi yang dimiliki Indonesia harus dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu peluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital, bagaimana agar 60 persen penduduk usia produktif siap mengembangkan inovasi-inovasi baru bagi kemajuan pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Dalam konteks bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru, mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis. “Perekonomian Indonesia harus tumbuh di kisaran 6-7 persen untuk mencapai target negara berpendapatan tinggi atau negara maju pada tahun 2045,” paparnya.

Dr. Syaikhu melanjutkan bahwa pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Presiden Joko Widodo yang telah dipercepat beberapa tahun terakhir. “Tantangan demi tantangan bisa kita hadapi bersama. Kerja bersama dari seluruh komponen bangsa telah menggerakkan roda transformasi dengan pasti. Hasil mulai bisa kita nikmati dari kalangan perkotaan sampai pedesaan di seluruh penjuru Tanah Air,” tutupnya. (ma/foto yy)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK