Home Berita Praktikum Lapangan Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan dan Ekologi Lahan Gambut di Taman Nasional Sebangau

Praktikum Lapangan Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan dan Ekologi Lahan Gambut di Taman Nasional Sebangau

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 334 views

IAIN Palangka Raya – Pada tanggal 27 Mei 2024,  mahasiswa Tadris Biologi melaksanakan praktikum lapangan yang dilaksanakan di Taman Nasional Sebangau Resort Habaring Hurung. Praktikum ini merupakan bagian dari mata kuliah Pengetahuan Lingkungan dan Ekologi & Ekologi Lahan Gambut.

Dua dosen Tadris Biologi Dr. Jumrodah, S.Si, M.Pd dan Ayatusa’adah, M.Pd, beserta seorang staff, Hidayati Rahimah, S.Pd menjadi pendamping 32 mahasiswa Pengetahuan Lingkungan dan 26 mahasiswa Ekologi & Ekologi Lahan Gambut dalam mengeksplorasi dan menganalisis lingkungan.

Kegiatan praktikum ini berfokus pada dua mata kuliah yang berbeda. Mahasiswa semester 2 yang mengikuti mata kuliah Pengetahuan Lingkungan dipandu untuk memahami populasi, komunitas, ekosistem, serta lahan subur dan kontaminan.

Sementara itu, mahasiswa semester 6 yang mengambil mata kuliah Ekologi dan Ekologi Lahan Gambut meneliti analisis vegetasi, arthropoda tanah, tingkat kematangan gambut, dan perilaku hewan endemik.

Lokasi praktikum yang dipilih merupakan hutan gambut Kalimantan yang masih memelihara keanekaragaman hayati yang kaya, termasuk tumbuhan endemik seperti kantong semar (Nepenthes Ampullaria), kelakai (Stenochlaena Palustris), tumih (Combretocarpus Rotundatus), gerunggang (Cratoxylon Arborescen), dan karamunting (Rhodomyrtus Tomentosa).

Dalam praktikum ini, mahasiswa membuat plot dengan jarak dan ukuran tertentu untuk kemudian melakukan analisis keanekaragaman flora dan fauna di dalamnya. Hasil observasi dan data yang terkumpul diharapkan memberikan kontribusi yang berharga dalam pemahaman terhadap ekosistem hutan gambut dan konservasi spesies endemik yang hidup di dalamnya.

Kegiatan ini juga turut didampingi oleh 6 orang pendamping dari Balai Taman Nasional Sebangau yang memberikan bimbingan dan informasi tentang habitat serta keanekaragaman hayati di Taman Nasional Sebangau. (ma)

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK