Home Berita Dr. Surya Sukti, MA Sampaikan Materi Visiting Lecture tentang Isu-isu Hukum Keluarga Islam Kontemporer di Indonesia

Dr. Surya Sukti, MA Sampaikan Materi Visiting Lecture tentang Isu-isu Hukum Keluarga Islam Kontemporer di Indonesia

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 305 views

Yala, Thailand – Dr. Surya Sukti, M.A., Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Syari’ah IAIN Palangka Raya, memberikan kuliah dosen tamu di Jamiah Islam Syeikh Daud Al-Fathoni (JISDA) Yala, Thailand. Dalam kuliahnya, Dr. Surya Sukti membahas berbagai aspek penting terkait hukum keluarga di Indonesia dengan sub tema meliputi batas usia pernikahan, pernikahan sirri, perencanaan keluarga, dan administrasi pernikahan yang tergabung dalam tema besar ‘Isu-isu Hukum Keluarga Islam Kontemporer di Indonesia’.

Beliau menyampaikan bahwa undang-undang terbaru menetapkan batas minimal usia pernikahan bagi pria dan wanita adalah 19 tahun. Perubahan ini bertujuan untuk melindungi hak-hak anak dan mencegah pernikahan dini yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental mereka.

Fenomena pernikahan siri atau pernikahan yang tidak tercatat secara resmi di Kantor Urusan Agama (KUA) juga dibahas. Beliau menguraikan dampak hukum dan sosial dari praktik ini, termasuk resiko yang dihadapi oleh perempuan dan anak-anak yang lahir dari pernikahan siri.

“Pencatatan pernikahan untuk menjamin perlindungan hukum bagi semua pihak yang terlibat menjadi hal yang sangat penting”, lanjutnya. Program-program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mengendalikan angka kelahiran dan meningkatkan kesejahteraan keluarga turut dibahas.

Terakhir, Dr. Surya Sukti membahas administrasi pernikahan di Indonesia, termasuk prosedur pencatatan pernikahan di KUA. Beliau menjelaskan langkah-langkah yang harus diikuti oleh pasangan yang ingin menikah, serta dokumen-dokumen yang diperlukan untuk memastikan pernikahan tercatat secara resmi. Administrasi pernikahan yang baik, menurut Dr. Surya, adalah kunci untuk melindungi hak-hak hukum pasangan suami istri dan anak-anak mereka.

Kuliah ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana para mahasiswa dan dosen JISDA Yala berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung.

Kuliah ini merupakan bagian dari program visiting lecture yang bertujuan untuk memperkaya wawasan mahasiswa JISDA dengan berbagai perspektif. Kehadiran Dr. Surya Sukti sebagai narasumber diharapkan dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan baru bagi para peserta.

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK