Home Berita Pascasarjana Gelar Kuliah Tamu Penulisan Karya Ilmiah: Ikuti ‘Selera’ dan Template

Pascasarjana Gelar Kuliah Tamu Penulisan Karya Ilmiah: Ikuti ‘Selera’ dan Template

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 508 views

IAIN Palangka Raya – Pascasarjana menggelar kuliah tamu mengenai penulisan karya ilmiah bagi dosen dan mahasiswa pascasarjana. Acara ini digelar di Aula Pascasarjana pada tanggal 3-4 Juli 2024 dan menghadirkan Arifki Budia Warman, Managing Editor Jurnal Juris Dosen UIN Mahmud Yunus Batusangkar, sebagai narasumber.

Arifki Budia Warman dikenal sangat berpengalaman di bidangnya, dengan total 25 penelitian dan 9 di antaranya masuk jurnal Scopus.

Para peserta yang hadir dalam kegiatan ini diminta untuk membawa draft artikel karya ilmiah mereka karena acara ini berfokus pada praktek langsung. Direktur Pascasarjana berharap bahwa artikel yang dibawa dapat dikaji dan dikupas secara mendalam. “Kami juga berharap bisa mendapatkan trik-trik agar jurnal kami dapat terindeks Scopus,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Arifki Budia Warman menjelaskan bahwa menulis artikel ilmiah dapat dimulai dengan mencari referensi dan mengamati fenomena yang dekat dengan kita serta mencari jurnal bereputasi. Ia juga membagikan landasan menulis artikel ‘easy writing’ ala Prof. Irwan Abdullah.

“Pertama, kenali belantara jurnal dan latih diri untuk mengikuti ‘tradisi’ jurnal (template). Dari otoritas author ke otoritas editor, dari selera personal ke selera jurnal, dari kerja individual ke general,” jelasnya.

Ia juga memberikan tips penting lainnya, “Jangan pernah menulis sebelum tahu jurnal yang dituju, ikuti ‘selera’ dan sesuai template. Pahami juga celah-celah jurnal: collaborative writing, comparative issues, tematis, dan jumlah artikel.”

Dengan kuliah tamu ini, diharapkan dosen dan mahasiswa pascasarjana dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis karya ilmiah yang berkualitas dan terindeks di jurnal bereputasi. (MA)

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK