Home Berita Dr. Surya Sukti, M.A dan Dr. Ali Murtadho Emzaed, S.Ag., M.H. Kunjungi Majelis Agama Islam di Provinsi Yala, Thailand

Dr. Surya Sukti, M.A dan Dr. Ali Murtadho Emzaed, S.Ag., M.H. Kunjungi Majelis Agama Islam di Provinsi Yala, Thailand

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 87 views

Yala, Thailand – Di sela-sela kegiatan visiting lecture di Fakultas Syariah IAIN Jamiah Islam Syeikh Daud Al-Fathani (JISDA) Yala, Thailand (01/07), Dr. Surya Sukti, M.A. dan Dr. Ali Murtadho Emzaed, S.Ag., M.H., keduanya menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang 1 dan Wakil Dekan 3, melakukan kunjungan resmi ke Majelis Agama Islam di Provinsi Yala. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya menjajaki hubungan kerjasama antara institusi pendidikan dan keagamaan di Indonesia dan Thailand.

Kedua Pejabat Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya tersebut disambut hangat oleh Kepala Majelis Agama Islam, Babo Haji Abdul Basith Chi’ Maa yang didampingi oleh Dr.Haji Mohammad Ridhwan, M.A. Dalam pertemuan tersebut, keduanya berdiskusi mengenai berbagai topik penting terkait perkembangan dan tantangan yang dihadapi umat Islam di kedua negara.

Babo Haji Abdul Basith Chi’ Maa menyampaikan apresiasi atas kunjungan ini dan menekankan pentingnya kolaborasi antara Indonesia dan Thailand dalam bidang pendidikan dan dakwah Islam. Beliau juga menjelaskan peran Majelis Agama Islam dalam menjaga keharmonisan dan kesejahteraan umat Islam di Provinsi Yala.

Dr. Surya Sukti, M.A, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat hubungan antarnegara, khususnya dalam bidang keagamaan dan pendidikan. Beliau juga berbagi pengalaman dan praktik terbaik yang telah diterapkan di Indonesia dalam hal pengelolaan lembaga pendidikan dan filantropi Islam.

Kunjungan ke Majelis Agama Islam di Provinsi Yala diharapkan dapat membuka peluang baru untuk kolaborasi yang lebih intensif antara kedua negara dalam berbagai bidang, terutama kegiatan KKN Internasional Mahasiswa Fakultas Syari’ah IAIN Palangka Raya. Sementara status KKN Internasional harus dibaca sebagai bagian dari implementasi kurikulum perguruan tinggi dengan basis MBKM pada tataran aplikatifnya.

Majelis Agama Islam memiliki otoritas keagamaan untuk menjalankan fungsi-fungsi keagamaan misalnya, pernikahan, mediator islah atas ketidakharmonisan suami isteri, pengelolaan filantropi Islam, dan fungsi-fungsi keagamaan lainnya.

Dengan demikian, rangkaian kegiatan hari pertama di JISDA Yala, Thailand, tidak hanya diisi dengan materi akademik yang berharga, tetapi juga memperkuat hubungan internasional melalui kunjungan kedua pejabat Fakultas Syari’ah IAIN Palangka Raya.

Pejabat Fakultas Syariah JISDA yang membersamai dalam kunjungan ini adalah Bapak Hamdan Yawaee, Lc., M.A. yang merupakan Dekan Fakultas Syariah, selanjutnya Bapak Bukhari Ibrahim, M.Ag., dan Bapak Abdul Ghanee, M.A. yang keduanya merupakan pensyarah di JISDA. (AME)

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK