Home Berita Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kolaboratif Internasional: Akademisi IAIN Palangka Raya Berkarya di Vietnam

Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kolaboratif Internasional: Akademisi IAIN Palangka Raya Berkarya di Vietnam

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 121 views

Palangka Raya, 5 Juli 2024 – Mulai tanggal 2 Juli 2024, akademisi dari Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Palangka Raya, telah memulai kegiatan penelitian dan pengabdian kolaboratif internasional di Vietnam. Negara ini dipilih karena memiliki sejarah panjang dalam perkembangan Islam di kawasan Asia Tenggara, khususnya melalui kerajaan Champa yang mendominasi sebagian Vietnam tengah dan selatan dari abad ke-7 hingga 1832.

Kolaborasi dan Kunjungan ke Ma’ahad Darussalam Liltadrib Alislami (MDSTS)

Dalam kunjungan pertama mereka, para akademisi tersebut berkolaborasi dengan Dr. Ma Thanh Thanh Hoang dari Ho Chi Minh University, Vietnam untuk mengunjungi Ma’ahad Darussalam Liltadrib Alislami (MDSTI) di Tinh Tay Ninh, Vietnam.

Tujuan kunjungan ini adalah untuk memberikan motivasi serta memperdalam pengetahuan ilmu Islam kepada para santri di MDSTI. Mudir, Ust. Abdul Rahman Bin Ibrahim, menyambut hangat kunjungan mereka dan mengungkapkan kegembiraannya atas dukungan dari saudara muslim di Indonesia. “Kami di sini berjuang keras dalam dakwah dan memahamkan ajaran Islam di Vietnam. Kami sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak atas perjuangan kami,” ucapnya.

Dr. Ali Sibram, salah satu dari tim peneliti, menegaskan komitmennya terhadap pembinaan dan penyebaran ilmu Islam di Vietnam. “Kami berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini, tetapi juga dapat diteruskan dalam bentuk kerja sama yang lebih erat, seperti mengirimkan santri MDSTI untuk belajar di IAIN Palangka Raya atau mengundang guru pengajar MDSTI untuk melanjutkan studi lanjut di sini,” ungkapnya.

Harapan untuk Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di Vietnam

Dr. Yatin Mulyono mengekspresikan harapannya agar MDSTI, sebagai lembaga pendidikan Islam modern pertama dan satu-satunya di Vietnam yang diakui dan diresmikan oleh pemerintah pada tahun 2014, dapat berkembang pesat dan menjadi pusat pendidikan Islam terkemuka di negara tersebut. “Kami berharap lembaga ini tidak hanya menjadi tempat pembelajaran, tetapi juga memainkan peran penting dalam syiar Islam di Vietnam,” ujarnya.

Eksplorasi Situs-situs Pendidikan Islam

Setelah melakukan kegiatan yang produktif ke MDSTI di Tinh Tay Ninh, Vietnam, tim peneliti tidak berhenti pada itu saja. Mereka melanjutkan eksplorasi mereka dengan menelusuri berbagai situs pendidikan Islam lainnya di Vietnam. Tujuan dari eksplorasi ini adalah untuk memahami lebih dalam perkembangan serta sistem pendidikan Islam yang ada di negara yang menjadi rumah bagi minoritas Muslim ini.

Vietnam, dengan sejarah panjang kerajaan Champa yang memeluk Islam, menjadi fokus utama dalam studi ini. Dr. M. Ali Sibram Malisi, salah satu dari akademisi FUAD yang terlibat, menjelaskan bahwa mereka juga melakukan wawancara mendalam dengan tokoh masyarakat setempat. Tujuannya adalah untuk menggali informasi yang lebih banyak mengenai bagaimana Islam berkembang di Vietnam, tantangan apa yang dihadapi, serta peran pendidikan Islam dalam masyarakat.

“Saat kami menjelajahi berbagai situs pendidikan Islam di Vietnam, kami mendapatkan wawasan yang berharga tentang bagaimana lembaga-lembaga ini berperan dalam menjaga dan mengembangkan identitas Islam di tengah masyarakat yang mayoritasnya non-Muslim,” ungkap Dr. Yatin Mulyono, yang juga ikut serta dalam penelitian ini.Langkah ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang dinamika pendidikan Islam di Asia Tenggara, khususnya di negara yang memiliki sejarah Islam yang kaya namun kini sedang menghadapi tantangan baru dalam mempertahankan dan mengembangkan ajaran agama ini.

Selain itu, hasil dari eksplorasi ini diharapkan dapat memberikan landasan bagi kerja sama lebih lanjut antara IAIN Palangka Raya dengan lembaga-lembaga pendidikan di Vietnam. Dr. Ali Sibram menambahkan, “Kami berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi sekadar penelitian, tetapi juga membangun jembatan untuk kerja sama yang lebih erat dalam hal akademik dan pengabdian masyarakat di masa depan.”

Melalui pendekatan ini, akademisi FUAD IAIN Palangka Raya bukan hanya menjalankan tugas akademis mereka, tetapi juga berkontribusi nyata dalam memperkuat jejaring pendidikan Islam lintas negara dan mendukung upaya pemahaman agama yang lebih mendalam di tingkat regional.

Kegiatan penelitian dan pengabdian ini menjadi bukti nyata komitmen dari akademisi FUAD IAIN Palangka Raya untuk mendukung pengembangan pendidikan Islam di tingkat internasional, serta memperkuat hubungan antarnegara dalam hal ilmu pengetahuan dan agama. Diharapkan kerja sama ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia dan Vietnam.

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK