Home Berita 11 PTK SE-INDONESIA IKUTI KKN MODERASI BERAGAMA DI KATINGAN, REKTOR: SEJALAN DENGAN FALSAFAH HUMA BETANG

11 PTK SE-INDONESIA IKUTI KKN MODERASI BERAGAMA DI KATINGAN, REKTOR: SEJALAN DENGAN FALSAFAH HUMA BETANG

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 197 views

IAIN Palangka Raya – Asisten II Setda Kab. Katingan, Eka Surya Dilaga S.P., M.M. yang mewakili Pj. Bupati Katingan, Saiful, S,Pd., M.Si  memberikan sambutan dan pelepasan bagi 137 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Moderasi Beragama. Peserta ini berasal dari 11 Perguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia. Acara pelepasan berlangsung di Kantor Bupati Katingan pada Kamis, 11 Juli 2024, pukul 09.00 WIB.

Kegiatan pelepasan diawali dengan kata sambutan dari Rektor IAIN Palangka Raya, Prof. Dr. H. Ahmad Dakhoir, S.H.I., M.H.I. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan agar para peserta KKN senantiasa berada dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa. Prof. Dakhoir menjelaskan bahwa semangat moderasi beragama harus ditanamkan sejak dini, tidak hanya di hilir tetapi juga melalui edukasi di perguruan tinggi.

“Moderasi Beragama dalam konteks Kalimantan Tengah terwujud dalam falsafah Huma Betang, yang merupakan rumah panjang berisi multi agama dan multi budaya. Semangat moderasi beragama ini sejalan dengan falsafah Huma Betang,” jelasnya.

Selanjutnya, Asisten II Setda Kab. Katingan, Eka Surya Dilaga, S.P., M.M., menyampaikan sambutan sekaligus pelepasan peserta KKN. “Terima kasih kepada perguruan tinggi yang telah menerjunkan mahasiswa untuk melaksanakan KKN di Kabupaten Katingan. Mudah-mudahan kegiatan bakti sosial ini menjadi implementasi dari tridharma perguruan tinggi dan membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Katingan,” ujarnya.

Para peserta KKN akan ditempatkan di tiga kecamatan dan sebelas desa di Kabupaten Katingan. Kecamatan yang menjadi lokasi KKN antara lain Kecamatan Tawang Sangalang Garing (Tumbang Tarusan, Tarusan Danum, Tewang Rangkang), Kecamatan Pulau Malan (Buntut Bali, Tewang Darayu, Dahiyan Tunggal, Tumbang Tanjung, Manduwing Taheta), dan Kecamatan Katingan Hilir (Telangkah, Tewang Kadamba, Tumbang Liting).

Di Kecamatan Pulau Malan, tim KKN diterima langsung oleh Camat Pulau Malan, Darmawan, S.Kom., beserta jajarannya. Setelah pertemuan dan foto bersama, rombongan langsung berangkat ke lokasi masing-masing. Salah satu desa yang menjadi lokasi KKN adalah Desa Tewang Darayu, yang baru-baru ini dikukuhkan sebagai Desa Moderasi.

Michelle Pattiasina, panitia KKN Nusantara Moderasi Beragama, memberikan kata pengantar kepada Kepala Desa dan perangkat desa serta beberapa warga setempat. “Apapun yang kalian laksanakan harus berkoordinasi dengan perangkat desa, termasuk pelaksanaan program dan bersosialisasi dengan warga,” tegasnya.

Kepala Desa Tewang Darayu, Sriwanto, menyambut baik kedatangan peserta KKN dan berharap mereka dapat segera berbaur dengan masyarakat dan mengikuti arahan dari perangkat desa. “Mengenai adat istiadat, mari adek-adek belajar dan langsung terjun ke lapangan seperti kakak-kakak kalian sebelumnya,” tambahnya.

Perguruan Tinggi Keagamaan yang berpartisipasi dalam KKN Nusantara Moderasi Beragama ini antara lain:

  1. Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja
  2. Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang
  3. Universitas Islam Negeri (UIN) Semarang
  4. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga
  5. Universitas Islam Negeri (UIN) Samarinda
  6. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga
  7. Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado
  8. Universitas Hindu Negeri (UHN) Bali
  9. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
  10. Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN TP) Palangka Raya
  11. Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya

Setelah pelepasan, para peserta KKN Nusantara Moderasi Beragama langsung berangkat ke lokasi penempatan masing-masing. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Katingan.

Sumber: https://www.iaknpky.ac.id/

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK