Home Berita Upaya Meningkatkan Ranking Webometrics, Telkom Indonesia Dampingi IAIN Palangka Raya

Upaya Meningkatkan Ranking Webometrics, Telkom Indonesia Dampingi IAIN Palangka Raya

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 176 views

Humas – Dalam rangka meningkatkan ranking Webometrics, IAIN Palangka Raya bekerja sama dengan Telkom Indonesia untuk mengadakan serangkaian pertemuan daring yang melibatkan berbagai unit di lingkungan kampus. Pertemuan ini dijembatani oleh TIPD IAIN Palangka Raya dan dilakukan secara daring.

Webometrics adalah sistem pemeringkatan yang menilai kinerja dan dampak publikasi universitas berdasarkan tiga indikator utama: Impact Rank (jumlah backlink eksternal yang mengarah ke domain universitas sebagai indikasi pengaruh dan visibilitas web, serta volume konten dan dampak dari publikasi web), Openness Rank (jumlah dokumen yang dapat diakses secara bebas dan jumlah sitasi yang diterima oleh publikasi universitas di Google Scholar), dan Excellence Rank (jumlah artikel ilmiah dari universitas yang paling banyak dikutip di masing-masing bidang studi).

Pertemuan perdana ini mengundang seluruh unit yang terlibat, seperti Humas, Pengelola Huma Jurnal, serta seluruh pengelola website di tingkat pascasarjana dan fakultas. Dalam pertemuan tersebut, disepakati bahwa Telkom Indonesia akan mendampingi IAIN Palangka Raya melalui 12 sesi pertemuan online, dengan durasi 2 jam untuk setiap sesi.

Narasumber dari Telkom Indonesia, Yahdi Siradj, S.T., M.T, menjelaskan bahwa selama 12 kali pertemuan ini akan dibahas berbagai topik.

“Pembahasan dimulai dari kickoff yang meliputi review ranking saat ini, komitmen manajemen, penentuan kompetitor, dan target ranking. Selain itu, akan dibahas juga tugas pokok dan fungsi tim Webometrics, standarisasi konten, subnet engineering, monitoring dan evaluasi, optimalisasi Google Scholar, basic SEO, audit subdomain, hingga excellence engineering”, jelasnya.

Sebagai informasi, selama 2 tahun belakangan IAIN Palangka Raya dapat mempertahankan posisi 10 besar webometrics PTKIN se-Indonesia . Terakhir, berdasarkan webomertics edisi Juli 2024, IAIN Palangka Raya menduduki peringkat ke-10 di antara PTKIN, peringkat ke-111 secara nasional, dan peringkat ke-5836 secara internasional. (ma)

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK