Home Berita Mahasiswa IAIN Asah Keterampilan Mengajar di SMA Muhammadiyah 1 melalui Program MBKM 

Mahasiswa IAIN Asah Keterampilan Mengajar di SMA Muhammadiyah 1 melalui Program MBKM 

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 24 views

Humas – Sejumlah mahasiswa IAIN Palangka Raya saat ini tengah mengikuti program magang di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Program ini merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan.

Salah satu peserta magang, Ayu Tiara, menyampaikan bahwa pengalaman ini sangat berharga baginya, “Saya belajar banyak, mulai dari cara mengajar yang efektif hingga bagaimana berinteraksi dengan siswa. Pengalaman ini sangat membantu mempersiapkan diri memasuki dunia kerja,” ungkapnya.

Program magang ini berlangsung selama kurang lebih empat bulan dari bulan Juli sampai Oktober dan diikuti oleh tiga mahasiswa dari Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Mahasiswa tidak hanya fokus mengajar mata pelajaran Biologi di kelas 10 dan 11, tetapi juga terlibat dalam berbagai aktivitas lainnya.

Di perpustakaan, mahasiswa membantu proses penyusunan buku, pemberian barcode, dan pencatatan tanggal penginputan buku. Selain itu, mereka juga turut dalam kegiatan piket sekolah, seperti membunyikan bel, mendata kelas yang tidak belajar, dan mencatat siswa yang izin keluar selama jam pelajaran.

Meski mendapatkan banyak pengalaman berharga, para mahasiswa juga menghadapi tantangan, terutama saat awal mengajar, “Tantangan utamanya adalah menyesuaikan diri dengan siswa. Namun, dengan melakukan pendekatan secara perlahan, kami berhasil membangun hubungan baik dengan siswa,” tambah Ayu.

Pihak SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya dan IAIN Palangka Raya berencana untuk terus melanjutkan kerjasama ini di masa depan. “Insya Allah program ini akan terus berlanjut, karena di sekolah ini mahasiswa mendapatkan pengalaman luar biasa yang sangat berguna bagi pengembangan keterampilan mereka,” ujarnya.

Program MBKM ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan skill guna menghadapi dunia kerja di masa mendatang.

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK