Home Berita IAIN PALANGKARAYA PAMERKAN INOVASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI EXPO KEMANDIRIAN PONDOK PESANTREN TAHUN 2024

IAIN PALANGKARAYA PAMERKAN INOVASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI EXPO KEMANDIRIAN PONDOK PESANTREN TAHUN 2024

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 133 views

Humas – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya turut berpartisipasi dalam Expo Kemandirian Pondok Pesantren Tahun 2024 dan Bazar UMKM Halal Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kabupaten Kapuas yang diselenggarakan di Lapangan Bukit Ngalangkang, Kuala Kapuas. Mengusung tema “Expo Karya Inovasi Berbasis Kearifan Lokal IAIN Palangkaraya Tahun 2024”, dengan menampilkan Inovasi Berbasis Kearifan Lokal di Expo Kemandirian Pondok Pesantren Tahun 2024.

Kegiatan diawali dengan upacara di Masjid Agung Kuala Kapuas pada pagi hari 22 Oktober 2024, dilanjutkan dengan Kiran menuju lokasi pameran expo di Lapangan bukit Ngalangkang Kuala Kapuas. IAIN Palangkaraya bergabung dengan 14 pondok pesantren dan 20 peserta Bazar UMKM Halal.

Mahasiswa dan dosen Tadris Biologi FTIK IAIN Palangkaraya memamerkan produk-produk bioherbal, termasuk VCO, Pil Sehat Wanita, Teh Sarang Semut, Minyak Zaitun, Softener, Sabun Cair dan Sabun Padat, Teh Bajakah, Lipbalm, dan Simplicia. Sementara itu, mahasiswa Tadris Fisika menghadirkan inovasi di bidang Robotik dan Astronomi, memamerkan robot dan teleskop hasil karya mereka.

Dr. Jumrodah, M.Pd., selaku Wakil Dekan 1 FTIK IAIN Palangkaraya, menyatakan, “Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkenalkan IAIN Palangkaraya dari sudut pandang yang berbeda. Kami menunjukkan bahwa institusi kami tidak hanya unggul dalam bidang keagamaan, tetapi juga mampu menghasilkan inovasi teknologi dan produk bioherbal yang bermanfaat bagi masyarakat.”

Tim IAIN Palangkaraya yang hadir dalam expo ini terdiri dari 11 orang, termasuk jajaran pimpinan fakultas, dosen, laboran, dan mahasiswa. Dr. Triwid Syafrotun Najah, M.Pd. (Wadek 3 FTIK), Dr. Luvia Ranggi Nastiti, S.Si., M.Pd. (Ketua Jurusan PMIPA), Jhelang Anovasho, S.Pd., M.Si. (Kaprodi Tadris Fisika), serta perwakilan dosen, laboran, dan mahasiswa dari jurusan Biologi dan Fisika turut hadir dalam acara ini.

Expo Hari Santri 2024 ini menjadi ajang bagi IAIN Palangkaraya untuk membuktikan komitmennya dalam mengembangkan inovasi berbasis kearifan lokal, sekaligus memperkuat posisinya sebagai institusi pendidikan yang relevan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat modern. menampilkan berbagai produk inovatif hasil karya mahasiswa dan dosen.

You may also like

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK