Home Sosok Dwi Gagas : Mudah Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Mendeley

Dwi Gagas : Mudah Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Mendeley

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 2.4K views

Oleh : Dwi Sari Widyowaty, S.Kom
Pranata Komputer Pertama di IAIN Palangka Raya

Bagi para akademisi, membuat karya ilmiah adalah salah satu kegiatan rutin, karya ilmiah adalah laporan tertulis hasil penelitian atau pengkajian yang dilakukan oleh 1 orang atau lebih yang memenuhi kaidah dan etika keilmuan tertentu. Karya ilmiah yang biasanya dibuat bisa berupa makalah, paper, artikel ilmiah, atau the final Project yaitu Thesis. Dalam membuat karya ilmiah, ada beberapa aturan penulisan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah aturan penulisan daftar pustaka, daftar pustaka harus ada disetiap lembar terakhir karya ilmiah sebagai sumber/rujukan penulis.

Daftar pustaka memiliki aturan dan cara penulisan tersendiri yang berisi : nama penulis, tahun penerbitan, judul, kota penerbitan, dan penerbit. Daftar pustaka juga memiliki ciri khas nama Penulis terbalik dan dipisahkan dengan tanda baca, contoh penulisan daftar pustaka dari jurnal ilmiah adalah sebagai berikut :

Widyowaty, Dwi Sari, Nur Alif, and Nur Hayatin. 2010. “Analisa Sintaks Kalimat Bahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Lookahead LR Parser.” 6.

Jika daftar pustaka yang dirujuk ada 10 karya ilmiah atau lebih, kemudian ditulis manual begini, bisa lelah kakakss!!!
Nah, sekarang ada aplikasi reference manager yang free download dimana para penulis dapat membuat daftar pustaka dengan sekali “klik” yaitu dengan menggunakan Aplikasi Mendeley. Aplikasi mendeley dapat menyederhanakan proses riset yang lumayan melelahkan dengan mengelola referensi dan mengatur riset, dengan aplikasi mendeley, para penulis juga dapat membuat daftar pustaka sesuai standard penulisan, tidak ketinggalan zaman, dan mudah digunakan.

Selain membuat daftar pustaka secara otomatis, dengan Aplikasi Mendeley para penulis juga dapat berkolaborasi dalam tim, dan memasukkan kutipan ke dalam dokumen Ms. Word, yang paling utama adalah para penulis dapat menghemat waktu karena tidak perlu memeriksa error kesalahan dalam pembuatan kutipan dan daftar pustaka, tetapi secara otomatis hanya dengan sekali “klik”.

Hal yang perlu diketahui dalam membuat daftar pustaka adalah menentukan “Citation Style”. Mendeley mengakomodir lebih dari 10 Citation Style yang dapat membantu para penulis dalam membuat daftar pustaka, tidak perlu pusing lagi untuk melihat aturan penulisan tersebut, cukup pilih salah satu “citation style”, maka akan tampil daftar pustaka yang sudah sesuai standard. Beberapa citation style yang sering digunakan oleh penulis adalah American Phsycological Association (APA), American Sociological Association (ASA), Modern Language Association (MLA), dan Institute for Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan Mendeley. Saya telah menyiapkan tutorial yang dapat didownload pada link https://bit.ly/2PwsnE3

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK