Home Berita MAHASISWA FUAD IAIN PALANGKA RAYA IKUTI DIALOG PEMUDA TAHUN 2019

MAHASISWA FUAD IAIN PALANGKA RAYA IKUTI DIALOG PEMUDA TAHUN 2019

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 2.3K views

Palangka Raya – Kamis 26 September 2019 pukul 15.30-selesai. Bertempat di Live at TVRI Kalteng Palangka Raya. Telah diadakannya kegiatan Dialog Pemuda dengan mengusung tema “Eksistensi Pemuda dalam Kemajuan dan Pembangunan Kota Palangka Raya.”

Narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Sahdin Hasan, yang merupakan Kadis Pendidikan Kota Palangka Raya, Moses Agus Purwono Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah dan Fery Irawan, S.Pd., sebagai Praktisi Pemuda. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Walikota Palangka Raya dan beberapa Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kota Palangka Raya dan mahasiwa/i Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) Universitas Palangka Raya, tidak lupa juga mahasiswa/i Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Palangka Raya turut berhadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan ba’da shalat ashar tersebut berlangsung khidmat dan kondusif. Perihal eksistensi pemuda dalam pembangunan di atas memang sangat urgen, karena generasi muda merupakan sumber daya utama untuk pembangunan, mereka dapat merupakan agen perubahan serta generasi muda merupakan pemegang estafet kepemimpinan nantinya. “Pemuda masa depan dan pembangunan itu adalah merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, jadi tiga point penting ini saya pikir  harus diawali. Persoalan ini menjadi penting karena itu juga menyangkut harkat dan martabat dan eksistensi dari sebuah bangsa, sebuah masyarakat dan sebuah daerah.” Ungkap Bapak Sahdin Hasan selaku Kadis Pendidikan Kota Palangka Raya.

Praktisi Pemuda Fery Irawan, S.Pd., menuturkan “tercapainya pembangunan suatu daerah, itu semua karena kontribusi dari banyak pihak, terutama peran pemuda itu sendiri, karena kita mengingat lahirnya Sumpah Pemuda yang selalu kita peringati pada tanggal 28 Oktober, itu adalah suatu langkah awal bahwa pemuda itu memiliki peranan yang sangat besar sekali dalam suatu pembangunan daerah

khususnya dan juga kita mengingat perkataan dari Bung Karno “beri aku sepuluh pemuda, maka akan kuguncangkan dunia.” Makanya peran pemuda itu sangat penting, apalagi saat ini kita melihat peranan pemuda di Palangka Raya khususnya, banyak sekali bermunculan para organisasi-organisasi pemuda, komunitas-komunitas pemuda dan juga kegiatan-kegiatan yang bersifat positif dan pastinya selalu bermanfaat bagi masyarakat sekitar.” Ungkapnya.

“Dari pemuda peduli saja pada lingngkungan itu sudah membantu pembangunan yang ada di Kota Palangka Raya, contoh saat ini kita sedang terdampak kasus karhutla, jadi disinilah peran aktif kepedulian para pemuda. Kita boleh menjadi pemuda, karena pemuda adalah tongkat estafet pembangunan di daerahnya masing-masing.” Tambah Fairid Naparin Walikota Palangka Raya.

Oleh karena itu di zaman now generasi muda menjadi pilar penggerak dan pengawal jalannya pembangunan dan menjadi kunci keberlanjutan pembangunan dengan pemikiran dan ide yang sangat cemerlang. Pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bahkan pemuda harus lebih kreatif dan inovatif melihat peluang guna meningkatkan kemajuan daerah untuk mengejar keterbelakangan serta pemuda juga harus menjalin kerjasama dan bersinergi dengan pemerintah guna mencapai Kota Palangka Raya yang maju, rukun dan sejahtera untuk semua.

Reporter: Syafi’i

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK