Home Berita PELEPASAN MAPALA EKSPEDISI IAIN PALANGKA RAYA

PELEPASAN MAPALA EKSPEDISI IAIN PALANGKA RAYA

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 867 views

IAIN PALANGKA RAYA – Pelepasan ekspedisi Mapala IAIN Palangka Raya, Universitas Palangka Raya dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dilaksanakan di Bukit Raya oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Palangka Raya Dr. Sadiani MH. Kamis, 12/08/2021.

Pelepasan ekspedisi Mapala dimulai pada pukul 8 pagi dan diikuti sekitar 25 orang Mapala dari perwakilan perguruan tinggi se-Kota Palangka Raya dengan tujuan Bukit Rawi Palangka Raya dengan durasi waktu selama 1 minggu dimulai dari tanggal 12 Agustus hingga 18 Agustus 2021 mendatang.

Dalam kegiatan pelepasan ekspedisi tersebut dilakukan upacara apel pagi bersama semua tim ekspedisi yang bertempat di sekitar sekretaris Mapala IAIN Palangka Raya. Pada kegiatan tersebut dilakukan rangkaian acara, yaitu doa pelepasan kegiatan ekspedisi, pembacaan kode Mapala, sambutan ketua Mapala Oktarian, sambutan ketua Dema IAIN Palangka Raya, dan sambutan Wakil Rektor III IAIN Palangka Raya, Sekaligus pelepasan tim ekspedisi Mapala Oktarian yang akan melakukan kegiatannya di Bukit Raya.

Pesan yang disampaikan oleh Wakil Rektor III dalam sambutan pelepasan tim ekspedisi yaitu :

  • Tim harus menjaga di lingkungan kegiatan ekspedisi antara lain dengan masyarakat sekitar, dengan ekosistem lokasi Bukit Raya,
  • Mengutamakan Falsafah belom bahadat yaitu menjaga harmonisasi adat istiadat selama kegiatan berlangsung 7 hari dengan alam, adat disini yaitu adab dengan alam lingkungan sekitar tempat tim ekspedisi berkemah, dengan tidak merusak alam, menjaga tatatertib dan harmonisasi dengan lingkungan penduduk yang nyata ( masyarakat) dan lingkungan penduduk yang tak kasat mata (makhluk gaib), hal tersebut agar terjalin harmonisasi selama kegiatan ekspedisi Mapala berlangsung,
  • Tim eksprdisi harus terapkan kode etik mapala selama kegiatan ekspedisi dilakukan dimanapun dan kapanpun acara mapala berlangsung.

Dalam penutupan sambutannya Wakil Rektor III mengatakan semoga kegiatan yang akan dilaksanakan ini dapat memberi manfaat bagi mahasiswa Mapala yang melaksanakan ekspedisi. (DA/MA)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK