Home SosokTokoh Mengenal Doktor Muda IAIN Palangka Raya: Inspirasi dan Motivasi

Mengenal Doktor Muda IAIN Palangka Raya: Inspirasi dan Motivasi

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.6K views

Sivitas Akademika Kampus IAIN Palangka Raya punya dosen muda yang menginspirasi mahasiswa, siapa lagi kalau bukan Wakil Dekan Akademik dan Pengembangan Lembaga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya. Nama lengkap beliau Dr. Ahmad Dakhoir, SHI, MHI. Tempat tanggal lahir di desa terusan tengah, pada 07 Juli 1982, Kec. Selat, Kab. Kapuas, kalimantan tengah. Ahmad dakhoir adalah anak ke 3 dari pasangan Choirul Anam, S. Dan ibu Susrifah, nama isteri adalah Ika Nurhartanti dan dikaruniai 2 orang anak yaitu pertama Nurin Almadina dan yang ke dua adalah Bilhaq Ahmad Balya.

Pendidikan dasar di selesaikannya di sekolah Tamban Luar VIII Kabupaten Kapuas Provinsi Kalteng lulus tahun 1994, Madrasah Tsanawiyah di PonPes. Ubudiyah Bati-bati kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan lulus tahun 1998, Madrasah Aliyah di PonPes. Ubudiyah Bati-bati Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan lulus tahun 2001, selanjutnya meraih Sarjana Hukum Islam di IAIN Jember Provinsi Jawa timur tahun 2005, gelar S2 Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya Provinsi Jawa timur tahun 2010 dan gelar Doktoral berhasil di raihnya di program S3 Hukum Ekonomi di Universitas Brawijaya Malang Provinsi Jawa timur dengan masa studi tercepat yaitu 1 tahun 8 bulan yg sampai saat ini belum terpatahkan.

Selain mengajar sebagai dosen hukum ekonomi syariah dan menjadi mentor bagi komunitas mahasiswa penulis dan peneliti muda, Beliau aktif dalam pengabdian kepada masyarakat sebagai expert dan profesional di bidang hukum dan ekonomi seperti menjadi Anggota DEWAN RISET DAERAH (DRD) Bidang Ekonomi, Sosial, Hukum & Pemerintahan Provinsi Kalimantan Tengah 2016-2021, Riviewer Jurnal Nasional, Saksi Ahli bidang Hukum keperdataan islam (dalam perkara waris, wasiat, harta bersama) di beberapa pengadilan di Indonesia, Peraih best paper awards dalam conferensi (IIECIEF) dan Peraih best paper awards dalam the 15th annual international conference on Islamic studies (AICIS 15) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI tahun 2015.

Selain itu beliau juga kerap diminta menjadi motivator, guest lecturer dan visiting lecturer baik nasioal maupun internasional seperti Chiba University, Japan, Visiting Lecture Kyoto University Japan, Vriej Universiteit Netherlands Belanda, Lyon University France Perancis, dan Durham Businness University Inggris. Karya ilmiah yang dihasilkan oleh beliau diantaranya adalah :
Legal Reform of Dispute Resolution of Marital Property and Heir Muhammad Arshad Al-Banjari’s Perspective, Hukum zakat, Ekonomi Islam dan Mekanisme Pasar, A new vision of syariah enterprise manajement, Saprah amal : new paradigm of the islamic social finance system in banjar Community, Indonesia, The bank of Alm dan karya akademik lainnya.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK