Home Berita DEMA FUAD ADAKAN DIALOG PUBLIK: MELEK POLITIK PERAN PEMUDA DALAM PILKADA 2018

DEMA FUAD ADAKAN DIALOG PUBLIK: MELEK POLITIK PERAN PEMUDA DALAM PILKADA 2018

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 996 views

Palangka Raya- Tepat hari ini, Sabtu 26 Mei 2018, Dema Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah mengadakan Dialog Publik dan Buka Puasa Bersama. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB sampai selesai, bertempat di Aula FUAD lantai 3. Kegiatan ini bertemakan Melek Politik Peran Pemuda dalam Pilkada 2018 dengan narasumber Edi Winarno, S.Hut, anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah. Adapun moderator pada kegiatan ini adalah salah satu mahasiswa berprestasi dari Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah, M. Najibuddin Anshary.

Ketua panitia, Husein Arif Hidayat mengatakan kepada kampusitahnews bahwa kegiatan ini dilatar belakangi oleh kegelisahan akan para pemuda. Dimana pemuda hari ini adalah pemuda yang akan menjadi penerus estafet kepemimpinan di negeri ini. ” sebagai pemuda jangan sampai apatis dan tak mau tahu dengan masalah sosial yg ada disekitar” ungkapnya. Dengan latar belakang tersebut, Dema Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah mencoba mengangkat diskusi yang sangat jarang diperhatikan dengan mahasiswa saat ini, yaitu pentingnya literasi politik. Dengan harapan agar para pemuda tidak apatis dengan yang namanya politik dan melek terhadap politik serta mampu berperan dalam menjaga persatuan agar tak mudah terpecah belah dengan dengan yang namanya politik. “Jangan beranggapan bahwa politik hanya sebatas pemilu. Jauh dari itu politik memiliki definisi yang luas. Oleh sebab itu, kami hadirkan langsung narasumber dari Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kalteng, Sahabat Edi Winarno, S.Hut,” tambahnya.

Narasumber kegiatan ini, Edi menyampaikan bahwa ada 10 kabupaten dan 1 kota yang akan menyelenggarakan pilkada serentak, yaitu pada 27 Juni 2018 mendatang dengan total 33 pasangan calon. Tentu penyelenggaraan pilkada ini tak lepas dari kontribusi pemuda. Pemuda sebagai bagian dari masyatakat punya kewenangan dalam pengawasan semua tahapan pilkada, ikut melakukan sosialisasi penyelenggaraan pemilihan, memberi pendidikan politik kepada masyarakat di lingkungan masing-masing. “yang terpenting pemuda harus melaporkan kepada bawaslu jika terdapat pelanggaran” ungkapnya.

Reportee : Irna

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK