Home Berita ORIENTASI KKN DILAKSANAKAN, PEMINAT KKN INTERNASIONAL MENINGKAT

ORIENTASI KKN DILAKSANAKAN, PEMINAT KKN INTERNASIONAL MENINGKAT

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 250 views

IAIN Palangka Raya – “Sekarang IAIN Palangka Raya telah menerapkan sistem MBKM dimana mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk belajar diluar prodi yang diikuti, diluar bidang keahliannya selama 2 semester. Ini dilaksanakan agar kalian mendapatkan pengalaman lain.”

“Tidak hanya proses belajar-mengajar, dengan MBKM ini mahasiswa bisa melaksanakan magang, wirausaha, penelitian, pertukaran mahasiswa dan lain-lain yang bisa dikonversikan kedalam SKS, termasuk KKN,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Palangka Raya.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa mahasiswa yang memiliki semangat kemanusiaan yang tinggi juga bisa mengikuti ACT (Aksi Cepat Tanggap) dan dapat dikonversikan menjadi 20 SKS.

Hal tersebut disampaikan Dr. Nurul Wahdah, M.Pd yang hadir pada acara orientasi untuk KKN (Kuliah Kerja Nyata) tahun 2024 di Aula Utama IAIN Palangka Raya yang diselenggarakan LP2M (08/03).

KKN tahun ini direncanakan akan diselenggarakan sekitar bulan Juli – Agustus dengan melibatkan beberapa jenis KKN, seperti KKN Reguler, KKN Nusantara, KKN Tematik, KKN Moderasi Beragama, KKN Nusantara Moderasi Beragama, dan KKN Nusantara.

Menurut Luqman Baehaqi, S.S., M.Pd., Ph.D, Ketua LP2M, sekitar 1026 mahasiswa akan mengikuti program KKN, “KKN ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 45 hari dimana program kegiatannya melibatkan program fisik maupun nonfisik. Outputnya adalah laporan kelompok secara tertulis, terbit dalam bentuk artikel proceeding dan artikel yang terbit dalam jurnal setelah diseminarkan dalam kegiatan konferensi internasional,” jelasnya.

Menariknya, minat mahasiswa IAIN Palangka Raya untuk mengikuti KKN Internasional mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya. Dalam program ini, para mahasiswa akan terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat di lima negara berbeda, yaitu Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, dan Yaman.

Sapuadi, M.Pd, Kapus Abdimas yang berkesempatan menjelaskan mengenai syarat dan tata tertib KKN berpesan untuk terus menjunjung nama baik almamater selama berada di lokasi KKN, “Sangat penting bagi kita untuk selalu bersikap sopan, menghargai perbedaan, beradaptasi dengan lingkungan baru dengan baik, dan menjaga nama baik IAIN Palangka Raya.”

 

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK