Home Berita SOSIALISASI PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN

SOSIALISASI PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1K views

Palangka Raya – Salah satu layanan prima yang diupayakan pengelola perpustakaan IAIN Palangka Raya adalah peningkatan kemahiran pencarian informasi termasuk bagi mahasiswa baru sebagai calon pemustaka. Karenanya Perpustakaan IAIN Palangka Raya merasa perlu mengadakan kegiatan sosialisasi berbagai jenis layanan perpustakaan terlebih yang sudah berbasis teknologi informasi.

Melalui kegiatan ini peserta akan mengenal katalog (OPAC) berbasis teknologi informasi, yang akan mempermudah pemustaka menemukan informasi yang diperlukan dan memperlancar mahasiswa menyelesaikan tugas-tugas kuliah dan tugas akhir perkuliahan.

Selain itu, pemustaka juga mengetahui tentang sistematika penyusunan dan jenis-jenis koleksi yang ada di perpustakaan. Oleh karena itu penting bagi perpustakaan untuk melaksanakan kegiatan bimbingan pencarian informasi di perpustakaan untuk pemustaka agar mereka terampil dalam penelusuran informasi.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Pada tahun ini akan dikuti oleh 1400 mahasiswa baru, juga merupakan calon anggota aktif perpustakaan yang sudah mendaftarkan diri. Peserta terlebih dahulu mendaftar menjadi peserta dan memilih jadwal yang disediakan oleh panitia.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebanyak 12 kali selama 6 hari, yaitu hari Senin s.d Sabtu tanggal 2-7 September 2019, sesi pertama pukul 09.00-11.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.00-15.00 WIB. Bertempat di lantai 3 aula perpustakaan IAIN Palangka Raya.

Adapun materi yang disampaikan pustakawan sebagai narasumber kegiatan terkait dengan pengenalan dan penggunaan fasilitas dan cara atau prosedur layanan keanggotaan, peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan, pemanfaatkan teknologi informasi yang dimiliki perpustakaan baik yang offline maupun yang onlineserta cara efektif dan efesien dalam penelusuran informasi di perpustakaan.

Sebelum mengikuti kegiatan, peserta terlebih dulu mengisipresensi sertaberfoto digital untukmelengkapi database keanggotaan pada aplikasi. Peserta yang sudah mengikuti kegiatan, akan diberikan surat keterangan telah mengikuti sosialisasi yang kegunaannya sebagai syarat untuk menjadi anggota baru perpustakaan.

Hari pertama diikuti oleh peserta dengan antusias dari awal sampai berakhirnya kegiatan, Usman, S.Ag., SS., M.HI. kepala UPT Perpustakaan saat membuka kegiatan sekaligus menyampaikan materi pertama menyampaikan terima kasih kepada panitia yang sudah mempersiapkan kegiatan dan berharap agar peserta tetap antusias mengikuti karena manfaatnya akan dirasakan oleh pemustaka saat menyelesaikan tugas-tugas kuliah termasuk tugas akhir perkuliahan.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK