Home Berita SEMA FUAD Laksanakan Leadership Training

SEMA FUAD Laksanakan Leadership Training

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 1.1K views

Palangka Raya – Pelatihan kepemimpinan yang dilaksanakan oleh Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah yang bertempat di Aula lantai 3 Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 12 Oktober 2019 ini mengangkat tema “Optimalisasi Peran dan Fungsi Mahasiswa Dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan Islami”. Kegiatan ini diikuti oleh Ormawa FUAD dan mahasiswa FUAD.

Menurut Gusti Ahmad Zabidi, Ketua Panitia kegiatan mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membentuk karakter jiwa kepemimpinan bagi mahasiswa FUAD kedepan khususnya Ormawa FUAD. Lanjutnya, ada orang beranggapan bahwa seorang pemimpin itu dilahirkan. Artinya seseorang yang memang sudah berbakat untuk menjadi pemimpin. Namun menurutnya, ada juga jiwa kepemimpinan yang dibentuk. Artinya semua orang bisa saja menjadi pemimpin, asalkan dia di bekali dengan ilmu tentang kepemimpinan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Kali ini diwakili oleh Wakil Dekan II, Dr. Emawati M.A yang sekaligus membuka acara ini. Beliau mengatakan bahwa kegiatan pelatihan kepemimpinan ini sangat bagus, “Saya sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang seperti ini”, imbuhnya. Pelatihan kepemimpinan ini dengan tema “Optimalisasi peran dan fungsi mahasiswa dalam membentuk jiwa kepemimpinan islami” ini sangat menarik. Karena, jika kita berkaca pada masa lalu maka kita akan menemukan seorang pemimpin yang luar biasa, yaitu Nabi Muhammad Saw, beliau adalah contoh terbaik yang harus ditiru oleh pemimpin-pemimpin sekarang khususnya Ormawa FUAD.

Kemudian acara di lanjutkan dengan materi kepemimpinan yang di bawakan oleh Hakim Syah M.A sekaligus dosen IAIN Palangka Raya. Beliau mengatakan bahwa yang terpenting dalam sebuah organisasi adalah kerjasama antar anggota. Kemudian beliau mengatakan bahwa organisatoris yang baik adalah orang yang berpikir bagaimana menghidupkan dan membesarkan organisasi, BUKAN bagaimana ia “hidup” di organisasi. Organisasi adalah satu langkah untuk menjadi seorang pemimpin dan untuk menjadi seorang pemimpin kita harus memiliki wawasan yang luas dan harus berani beradu gagasan.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK