Home Berita DEKAN FEBI SOSIALISASIKAN DUNIA PERKULIAHAN KE CALON MAHASISWA BARU

DEKAN FEBI SOSIALISASIKAN DUNIA PERKULIAHAN KE CALON MAHASISWA BARU

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 669 views

IAIN PALANGKA RAYA – Dr. Sabian Utsman, S.H., M.Si selaku Dekan FEBI melaksanakan sosialisasi ke Pangkalanbun bersama dengan Dr. Hj. Zainap Hartati, M.Ag selaku Ketua Prodi MPAI dan Sabaruddin Ahmad, M.H.I., selaku Dosen Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya.

Seperti yang kita tahu peribahasa “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”, jadi dalam perjalanan ini memiliki beberapa tujuan, tujuan pertama yaitu sosialisasi mahasiswa baru, memperkenalkan dunia perkuliahan kepada calon-calon mahasiswa baru. Sosialisasi ditutup dengan penyerahan kalender FEBI 2020 kepada ketua penyelenggara sosialisasi tersebut.

Tujuan yang kedua adalah riset, disini ingin menggali data-data tentang masuknya agama Islam di Kotawaringin Barat, masuknya Islam di Kobar memiliki dua versi, yang pertama, perjalanan masuknya melalui Demak, Banjarmasin, dan sampailah di Kobar, untuk yang kedua, dari Demak langsung sampai ke Kobar jadi tidak melewati Banjarmasin. Informasi tentang Kerajaan Kutaringin ini didapatkan dari Ketua MUI Kabupaten Kotawaringin Barat.

Cerita ini diangkat karena satunya-satunya Kerjaaan yang bediri di Kalimantan Tengah berada di Kerajaan Kutaringin, Kabupaten Kotawaringin Barat, dan secara kebetulan rajanya beragama Islam. Jadi sebelum berdirinya Kerjaan Kutaringin, Islam sudah memasuki.wilayah tersebut. Disana terdapat bukti-bukti sejarah, diantaranya Masjid yang bertempat di Kotawaringin Lama yang didalamnya terdapat sejumlah Al-Qur’an zaman dahulu. Seperti yang sudah dipaparkan diatas, sebagai satu-satunya kerajaan di Kutaringin, dan kebetulan rajanya beragama Islam, masuknya Islam disana menjadi lancar bahkan hingga sekarang, dibagian pesisisr pun seluruh penduduknya beragama Islam. “Sejarah dapat membangun masa depan” memang berpengaruh untuk kehidupan nyata, tanpa sejarah kita mungkin tidak dapat belajar dari masa lalu. Karena masa lalu mengajarkan kita untuk berjalan kearah yang lebih baik.

Tujuan lainnya adalah mengumpulkan para pengusaha-pengusaha kecil dan menengah. Seperti yang telah diketahui, dalam naungan Pusat Bisnis Islam FEBI, sudah ada 49 UKM, dan yang masih beroperasi sekarang salah satunya adalah rental mobil. Disini FEBI membina mereka agar dapat berkembang dan bertahan dapat mempertahankan bisnisnya. Bisa diingat dari quotes ini “Ketika anda kehilangan bisnis kecil, anda kehilangan ide besar. Orang yang memiliki bisnis sendiri adalah bos bagi diri mereka sendiri. Mereka pemikir yang mandiri. Mereka tahu mereka tidak bisa bersaing dengan meniru pengusaha besar, mereka harus berinovasi. Jadi, mereka tidak terlalu terobsesi pada penghasilan, mereka lebih terobsesi pada ide”.

Sumber : http://febi.iain-palangkaraya.ac.id/

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK