Home Berita Rektor IAIN Palangka Raya dan Kakanwil Kemenag Kalimantan Tengah Bersatu dalam Mendorong Peserta Didik Masuk PTKIN

Rektor IAIN Palangka Raya dan Kakanwil Kemenag Kalimantan Tengah Bersatu dalam Mendorong Peserta Didik Masuk PTKIN

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 255 views

Palangka Raya – Rektor IAIN Palangka Raya bersama dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, menyatukan langkah dalam menjalankan amanah Menteri Agama Republik Indonesia, Gus Yaqut, untuk mendorong peserta didik kelas 12 dari seluruh Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Madrasah Aliyah (MA), serta pesantren untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), khususnya IAIN Palangka Raya.

Dalam upaya menjalankan amanah tersebut, Kakanwil Kemenag Provinsi Kalteng, H. Noor Fahmi, mengungkapkan bahwa masih ada waktu hingga 19 Maret 2024 untuk pendaftaran melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) PTKIN. Beliau juga mengharapkan partisipasi aktif dari kepala sekolah, operator, dan guru dibawah naungan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah untuk memotivasi peserta didik mereka guna melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di lingkungan PTKIN.

“Saya mengharap kepada semua kepala sekolah, operator, dan guru dibawah naungan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah turut aktif memotivasi anak-anak kita untuk masuk ke dunia pendidikan tinggi Islam, karena kualitas dan jaminan mutu yang diberikan tidak kalah dengan perguruan tinggi lainnya. Sistem kuliah hybrid, luwes, dan adaptif juga menjadi layanan kampus Islam negeri satu-satunya di Kalimantan Tengah ini,” ungkap beliau.

Tidak kalah semangat, Rektor juga menyampaikan pentingnya sinergitas antara Kanwil Kemenag dan IAIN Palangka Raya. Beliau juga mengungkapkan tingginya minat dari siswa SMA dan SMK untuk mendaftar di IAIN Palangka Raya. “Hingga saat ini, SMA yang mendaftar di IAIN Palangka Raya berjumlah lebih dari 70 sekolah SMA dan 30 SMK, dengan total raw input 5000 pendaftar pada jalur SPAN PTKIN. Namun, untuk MAN/MA baru 35 MAN/MA yang mendaftar dengan jumlah pendaftar mencapai 1.119,” tambahnya.

“Jika melihat data di atas, ternyata antara SMA/SMK/MAN/MA yang paling banyak mendaftar di IAIN Palangka Raya justru banyak dilakukan oleh SMA dan SMK beserta peserta didiknya. Oleh karena itu, melalui sinergitas IAIN Palangka Raya dan Kanwil Kemenag melalui Kabid Madrasah dan semua insan kemenag RI untuk mengajak semua siswa khususnya MAN, MA, dan pesantren turut aktif dan mendorong agar peserta didik dapat belajar dan mendapatkan kesempatan belajar di PTKIN. Selain biaya yang terjangkau dan mutu unggul, para calon mahasiswa akan dan dibimbing oleh para Guru Besar dan Doktor yang ahli dibidangnya”, tegas Rektor.

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK