Home Berita TERNYATA TELUR ASIN BUATAN SISWA MANKORAYA LEBIH LEGIT

TERNYATA TELUR ASIN BUATAN SISWA MANKORAYA LEBIH LEGIT

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 847 views

Palangka Raya (Inmas) – Telur asin buatan siswa Mankoraya ternyata lebih legit dibandingkan telur asin yang dijual di warung-warung. Bagaimana tidak legit, dari cara pembuatannya saja berbeda dengan cara yang dibuat orang pada umumnya.

Begini caranya, ungkap salah satu siswa kelas X Mipa 5. Langkah pertama pilihlah beberapa biji telur bebek yang bagus, kemudian cuci dengan air sambil digosok lalu keringkan dengan lap.  Agar rasa asinnya cepat meresap maka ampelaslah telur bebek tadi dengan perlahan.

Langkah berikutnya siapkan batu bata yang sudah haluskan, lalu saring kembalisehingga batu batanya lebih halus. Setelah itu campurkan halusan batu bata tersebut dengan garam yang diberi sedikit air, agar batu bata dan garam tersebut mudah melekat pada telur.

Diamkan telur bebek yang sudah dibalut halusan batu bata tadi hingga satu minggu, setelah sampai waktunya cuci atau lepaskan balutan batu bata tersebut pada telur hingga bersih. Barulah telur tersebut direbus hingga mencapai suhu 100° celcius.

Praktik pembuatan telur asin ini diberikan saat mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU). PKWU termasuk kelompok mata pelajaran kelompok B umum bersama dengan seni budaya dan olahraga kesehatan. Mapel ini diberikanpada semua tingkatan kelas X, XI dan XII yang diampu oleh guru yang kompeten,  yakni Rusdawati, Euis Ratna Nurillah, Masfianita Burhan, Rasidah, Kustiyah, H. Saryono, Aris Sutikno dan Edi Suprapto. (asdi)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK