Home Berita TINGKATKAN PENGELOLAAN PROGRAM DOKTOR, REKTOR UIN KHAS JEMBER JADI NARASUMBER

TINGKATKAN PENGELOLAAN PROGRAM DOKTOR, REKTOR UIN KHAS JEMBER JADI NARASUMBER

by Humas IAIN Palangka Raya
0 comment 321 views

IAIN Palangka Raya – “Prodi S3 Studi Islam hadir untuk mengakomodasi calon mahasiswa yang belum terwadahi oleh prodi-prodi yang sudah ada. Prodi ini dapat menerima mahasiswa dari banyak disiplin imu, terutama yang masih berkaitan dengan studi Islam”, jelas Prof. Hepni, Rektor UIN KHAS Jember pada seminar pengelolaan program doktor yang digelar di Gedung Bundar Asmaul Hunsa (06/05).

Sebelumnya, IAIN Palangka Raya secara resmi telah memiliki Program Doktoral Studi Islam sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 1100 Tahun 2023 yang disahkan pada tanggal 4 Desember 2023 lalu.

Guna meningkatkan pengelolaan program S3 dalam pelaksanaannya kelak, Pascasarjana IAIN Palangka Raya berinisiatif untuk menggelar seminar dengan menghadirkan Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M., CPEM dan Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Moch Chotib, S.Ag., M.M.

Kegiatan yang digelar dari tanggal 06-07 Mei 2024 tersebut bertemakan “Pengembangan Kurikulum dan Pengelolaan Sumber Daya dalam Mendukung Kesuksesan Program Doktor Studi Islam”.

Prof. Hepni melanjutkan, “Adapun tujuan dari pendiriannya adalah untuk menghasilkan pemikiran islam yang moderat, dan mengembangkan Studi Islam yang berbasis riset dan kearifan lokal.”

“Kita juga harus membangun kerjasama dengan pihak-pihak terkait agar prodi S3 ini bisa sustainable. Selain itu, alumni dari S3 harus memberikan keteladanan, kemampuan dan testimoni di masyarakat.”

“Jangan lupa terus lakukan terus laksanakan perbaikan-perbaikan di internal, misal apabila tidak ada dosen yang cocok dengan suatu mata kuliah, maka jangan dipaksakan. Kita bisa pinjam dari luar.”

Prof. Chotib, Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember juga menceritakan pengalamannya dalam mengelola S3, “Mengingat mendapatkan mahasiswa program doktoral ini terbilang sangat sulit. Pendekatan dengan stakeholder terkait seperi Pemprov menjadi sangat penting.”

“Pengalaman kami melalui kerjasama ini, mereka mau membiayai atau memberikan beasiswa kepada pegawai yang ada dinaungi untuk kuliah ditempat kami. Dengan begitu, mahasiswa yang berkuliah S3 akan selalu ada, bahkan meningkat.” (MA/foto Yud)

 

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK