Home Informasi Kegiatan Mankoraya Meriahkan HUT RI Ke 74 Dengan Aneka Lomba

Palangka Raya (Inmas) – Semarak memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesi ke 74 di Mankoraya dimeriahkan dengan aneka lomba. Ketua panitia Dinar Ambiya Putra membenarkan, bahwa ada 8 cabang lomba yang dipertandingkan. Di antaranya lomba meniru pahlawan, LKBB, tata upacara dan paduan suara, laring karung, makan kerupuk, water flow dan lomba kebersihan kelas.

Menurut pengakuan Gayska Vetotama, lomba yang paling menarik dan agak sulit adalah meniru pahlawan dan water flow. Untuk tampil selayaknya pahlawan sungguhan, siswa harus mengetahui biografi dan karakter pahlawan yang akan ditiru, begitu juga gaya bicara, mimik wajah, tingkah laku dan pakaiannya.

Veto sendiri menampilkan gaya pahlawan Tan Malaka, seorang pahlawan nasional kelahiran Nagari Pandam Gadang Sumatera Barat. Dengan logat melayu, ia berorasi di hadapan penonton, tepuk sorai pun bergemuruh seketika Veto mengucapkan pantun.

Sementara permainan water flow tak kalah serunya. Setiap regu dimainkan empat orang. Di mana dalam satu kali permainan ada 3 regu yang bermain. Mereka semua masuk ke dalam bak besar yang berisi air, kemudian masing-masing regu harus bisa mengeluarkan bola pingpong yang ada di dalam pipa paralon yang berlubang-lubang dengan cara memasukan air dari bak ke dalam pipa hingga mampu mengeluarkan bola pingpongnya . Regu yang lebih dulu mengeluarkan bolanya, itulah yang menjadi pemenangnya.

Wakil kepala bidang kesiswaan Hj. Masniyati menuturkan , bahwa lomba ini merupakan salah satu program Osis yang dilaksanakan selama tiga hari (15-17/8) . Ada   makna filosofis yang terkandung dalam berbagai lomba tersebut. Seperti water flow misalnya , untuk mencapai sebuah tujuan diperlukan kerja sama, kecepatan ,ketepatan dan kegigihan, agar bola yang ada dalam pipa bisa keluar. Begitu juga meniru gaya pahlawan , setidaknya mereka meresapi bagaimana pahitnya perjuangan pahlawan kita dahulu dalam memerdekakan bangsa ini dari penjajahan, pungkas Hj . Masniyati.(asdi)

You may also like

Leave a Comment

HUMAS/AUAK

IAIN PALANGKA RAYA

Kampus Itah News

Fakultas

Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

COPYRIGHT © 2018-2023 HUMAS IAIN PALANGKA RAYA

PROUDLY POWERED BY TEKNO HOLISTIK